Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Wajib Diketahui Orang Tua Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari

Home  /  Pendidikan  /  Wajib Diketahui Orang Tua Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari

20.Oct, 2018 Comments Off on Wajib Diketahui Orang Tua Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari Pendidikan

Wajib Diketahui Orang Tua Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari

Wajib Diketahui Orang Tua Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari – Apakah Moms sudah mendekap Si Kecil hari ini? Kadang barangkali Moms tak sempat untuk mendekap anak masing-masing hari, sebenarnya terdapat tidak sedikit manfaat yang dapat didapatkan Si Kecil dari gestur simpel itu.

Pelukan tak melulu bermanfaat untuk anak, namun ternyata pelukan juga berfungsi untuk orang tua, lho. Mari simak ulasannya!

Manfaat Memeluk Anak

Meskipun tidak terdapat jumlah yang benar-benar tentu untuk pelukan masing-masing harinya, penelitian menyarankan untuk mendekap anak 8 kali sehari, setiap pelukan dilaksanakan selama 20 detik.

“Ketika berpelukan, terutama sampai 20 detik atau lebih, hormon oksitosin bakal keluar. Hormon ini buat kita bahagia dan rileks,” jelas psikolog anak Vera Itabiliana, M.Psi, saat didatangi di acara diskusi Lazada bertema Tantangan Ibu Baru.

Bukan melulu pada anak, hormon oksitosin yang terbit saat pelukan pun bermanfaat untuk orang tua. Moms dan Dads bakal merasa lebih tenang sekaligus meredakan stres.

Pelukan pun akan menciptakan anak merasa disukai oleh orang tua, sampai-sampai baik bila dilaksanakan setiap hari.

Jika Anak Tidak Mau Dipeluk
Ada sejumlah anak yang merasa tidak nyaman dengan sentuhan, tergolong pelukan. Biasanya situasi ini dirasakan oleh anak-anak yang telah mulai beranjak remaja.

“Tapi balik lagi pada kenyamanan si anak, bila anaknya nggak mau, efek oksitosinnya jadi nggak bakal keluar sebab dia darurat melakukannya,” ujar Vera pada Sekolahan.Co.Id.

Jika anak tidak suka dipeluk, Moms dapat menggantinya dengan mengelus kepalanya atau mengusap-usap punggungnya.

Bila cemas anak tidak dapat merasakan cinta dari Moms, tidak boleh ragu guna mengutarakannya langsung secara verbal. Moms dapat menemaninya main, membual bersamanya, pun mengatakan bila Moms dan Dads sayang padanya.

“Ketika anak sedang asyik main game, anda juga dapat mengusap-usap punggungnya. Jika anda tertarik dengan apa yang dia mainkan, tersebut juga dapat membangun koneksi,” kata Vera.


Comments are closed.