Siap Meluncur, Inilah Spesifikasi Mobil Yaris Cross

Yaris Cross akal mengaspal kesatu kali ke pasar tahun 2020. Mobil yang sejatinya hatchback ini punya sebanyak pembaruan dari sekian banyak sisi.

Toyota sebelumnya berencana mengenalkan mobil ini pada ajang Geneva Motor Show 2020, tetapi sebab pandemi virus Corona meningkat, jadwal peluncuran Yaris Cross mundur. Toyota lantas mengumumkan mobil ini akan meluncur pada musim gugur tahun 2020 di Jepang, kemudian berlanjut ke Eropa di pertengahan 2021.

Oke, bagaimana dengan spesifikasinya?

1.Dimensi Lebih Besar

Yaris Cross memakai platform TNGA (GA-B) yang sedang di bawah C-HR. Penggunaan platfortm ini jelas menciptakan mobil ini bertolak belakang dari Yaris biasa.

Yaris Cross ini punya ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.150 mm, dan tinggi 1.580 mm. Lebih panjang 240 mm, lebar 20 mm, dan tinggi 90 mm dari versi sebelumnya. Sayang belum diungkap berapa ground clearance mobil ini, sedangkan wheelbase-nya berukuran 2.560 mm.

2. Desain

Meminjam istilah Toyota, mobil ini mempunyai desain yang sederhana tetapi tetap mewakili kesan Sport Utility Vehicles (SUV).

Ya, guna mempertegas tampilan crossover, Toyota sudah memakai bohlam dan DRL LED, serta dicantumkan lampu kabut kecil di unsur bawah. Tak ketinggalan pada unsur fender dan side moulding, mobil dibekali dengan warna hitam.

Pada unsur belakang, Yaris Cross mengangkat desain lampu dengan format horizontal dipadu garis strip LED memanjang sampai bagian tengah.

3. Interior

Masuk ke dalam kabin, Yaris Cross ini dibungkus dengan tetap mengangkat gaya sporty. Pengaturan AC telah tidak lagi analog, sejumlah kontrol hiburan pun sudah dipasang pada kendali setir. Pun layar infotanment mengangkat head unit bargaya floating.

Kelir warna dual tone pun menghiasi kabin, serta bangku. Akomodasi Yaris pun disebut lebih baik. Jika mengharapkan volume lebih banyak, Yaris Cross dilengkapi fitur pelipatan kursi 40:20:40 (Split-folding rear seats).

4. Mesin

Sementara dapur pacunya, mobil ini diberitakan punya dua opsi mesin, yaitu bensin dan hybrid. Sayang belum dilafalkan berapa torsi dan tenaga yang dimuntahkan dari mobil ini.

Untuk opsi mesin bensin dicangkok 1.5-liter Dynamic Force Engine, tiga silinder dengan opsi transmisi CVT atau 6 manual percepatan, dan satu opsi penggerak roda depan.

Sementara opsi hybrid, Yaris Cross mengangkat mesin yang sama dengan Toyota Hybrid System II. Namun terdapat dua pilihan yaitu penggerak roda depan, atau four wheel drive system.

Mobil ini bakal diproduksi di dua pabrik, yaitu Toyota Motor East Japan Co.,Ltd. guna pasar Jepang, dan Toyota Manufacturing France guna pasar Eropa.

Sumber: