Pusat data Google memantau cuaca untuk memaksimalkan energi yang dapat diperbarui

Pusat data Google memantau cuaca untuk memaksimalkan energi yang dapat diperbarui

 

Pusat data Google memantau cuaca untuk memaksimalkan energi yang dapat diperbarui
Pusat data Google memantau cuaca untuk memaksimalkan energi yang dapat diperbarui

Google pusat data beroperasi 24/7 dan menyedot banyak energi – jadi demi kepentingan perusahaan dan planet untuk membuatnya melakukannya seefisien mungkin. Satu metode baru memiliki fasilitas yang mengawasi cuaca sehingga mereka tahu kapan waktu terbaik untuk beralih ke energi matahari dan angin .

Masalah dengan energi terbarukan adalah mereka tidak konsisten, seperti output dari pembangkit listrik. Tentu saja bukan hanya ketika angin mereda, energi angin tiba-tiba 10 kali lebih mahal atau tidak tersedia – tetapi ada semua jenis pertukaran dan ekonomi energi yang berfluktuasi tergantung pada apa yang dimasukkan ke dalam jaringan dan dari mana.

Tawaran terbaru Google untuk menjadikan pusat data lebih hijau dan lebih efisien adalah untuk memprediksi ekonomi energi tersebut dan menjadwalkan tugas pengumpul data yang tak ada habisnya di sekitar mereka.

Bukannya seseorang di Google mencari tahu cuaca aktual untuk hari berikutnya dan menghitung berapa banyak

energi matahari yang akan dikontribusikan di wilayah tertentu dan kapan. Ternyata ada orang yang bisa melakukan itu untuk Anda! Dalam hal ini firma greentech Denmark memanggil Tomorrow .

“Organisasi menyadari bahwa menggunakan listrik pada waktu dan tempat yang tepat
memungkinkan mereka untuk mengurangi biaya dan jejak karbon mereka,” kata CEO Tomorrow dalam siaran pers.

Pola cuaca memengaruhi ekonomi energi tersebut, yang mengarah ke saat-saat ketika grid sebagian besar ditenagai oleh sumber karbon seperti batu bara, dan saat lain ketika energi terbarukan berkontribusi maksimal.

Visualisasi yang bermanfaat ini menunjukkan cara kerjanya – menggeser beban puncak untuk mencocokkan waktu ketika energi hijau paling berlimpah.

Apa yang dilakukan Google adalah menyaksikan jadwal periode yang sangat berat dan dapat diperbarui ini di grid dan mengacak-acak hal-hal di sekitarnya untuk memanfaatkannya. Dengan menumpuk semua tugas komputasi yang berat ke dalam slot waktu di mana daya ekstra yang akan mereka ambil diambil dari sebagian besar sumber energi terbarukan, mereka dapat mengurangi ketergantungan mereka pada daya karbon-berat.

Ini hanya berfungsi jika Anda memiliki jenis pekerjaan digital yang mudah diprediksi dan dipelihara oleh Google. Ketika energi mahal atau kotor, minimal mengirim email dan menayangkan video YouTube lebih dari cukup untuk membuat pusat datanya sibuk. Tetapi ketika itu murah dan hijau, tugas-tugas komputasi yang berat seperti model pembelajaran mesin pelatihan atau transcoding video dapat berjalan liar.

Pergeseran waktu yang diinformasikan ini adalah ide yang cerdas dan intuitif, meskipun dari pos Google tidak jelas

seberapa efektif itu sebenarnya. Biasanya ketika perusahaan mengumumkan beberapa upaya seperti ini, disertai dengan perkiraan berapa banyak energi yang dihemat atau efisiensi yang diperoleh. Dalam kasus percobaan pengalihan waktu ini, perusahaan biasanya tidak konservatif:

“Hasil dari uji coba kami menunjukkan bahwa dengan menggeser pekerjaan komputasi kita dapat meningkatkan jumlah energi rendah karbon yang kita konsumsi.”

Itu banyak lindung nilai untuk sesuatu yang terdengar seperti home run di atas kertas. Makalah penelitian lengkap akan datang, tetapi saya meminta Google untuk informasi lebih lanjut. Tidak lama setelah memposting ini saya menerima tanggapan berikut dari Ana Radovanovic, pimpinan teknis untuk proyek ini:

Hasil awal untuk sistem baru ini menjanjikan, namun, seperti yang Anda perhatikan, kami tidak membagikan metrik

khusus saat ini. Tim kami berencana untuk menerbitkan makalah ilmiah di akhir tahun yang akan berisi tinjauan rinci tentang metodologi pemindahan muatan dan hasil yang diamati dari peluncuran kami.

Seberapa banyak fasilitas pusat data tunggal atau seluruh armada dapat meningkatkan penggunaan energi terbarukan tergantung pada sejumlah variabel. Karena itu, kami meluangkan waktu untuk melakukan analisis tambahan sebelum kami membagikan angka-angka tertentu.

Sumber:

https://jilbabbayi.co.id/sim-extreme-flight-apk/