Pertumbuhan Industri Telekomunikasi Harus Berdampak Buat Masyarakat dan Negara

Pertumbuhan Industri Telekomunikasi Harus Berdampak Buat Masyarakat dan Negara
Pertumbuhan Industri Telekomunikasi Harus Berdampak Buat Masyarakat dan Negara

Pada tahun 2018, industri telekomunikasi nasional banyak menghadapi tantangan yang cukup berat. Salah satu tantangan di tahun 2018 adalah kebijakan registrasi kartu prabayar.

Dengan diberlakukannya registrasi prabayar, jumlah kartu yang selama ini beredar dan tidak jelas penggunanya, mengalami penurunan yang sangat signifikan. Selain jumlah kartu prabayar yang berkurang, pendapatan perusahaan telekomunikasi juga mengalami koreksi.

Diakui Ririek Adriansyah, Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), meski

registrasi prabayar awal-awalnya membawa dampak kurang menggembirakan, namun dimasa mendatang beleid tersebut akan memberikan dampak positif terhadap industi telekomunikasi nasional. Dengan registrasi prabayar akan membuat industri telekomunikasi menjadi tertata dengan baik.

Ririek memperkirakan dampak kebijakan registrasi prabayar tersebut tak akan berlangsung lama. Menurutnya perusahaan telekomunikasi yang tergabung dalam ATSI akan kembali menikmati pertumbuhan. Jika beberapa tahun lalu pertumbuhan industri telekomunikasi mengacu pada jumlah pelanggan, kini pasca registrasi acuan pertumbuhan industri telekomunikasi akan mengacu pendapatan perusahaan.

Ririek memperkirakan pendapatan operator telekomunikasi pasca registrasi prabayar ini akan

didapatkan dari layanan data. Dengan meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia dan semakin luasnya cakupan layanan 4G LTE, akan meningkatkan potensi pendapatan operator telekomunikasi dari layanan data.

“Saat ini revenue perusahaan telekomunikasi dari layanan data terus meningkat. Peningkatan ini

akan terus terjadi dengan semakin banyaknya smartphone dan implementasi Internet of Things (IOT) di Indonesia. Jika pemerintah telah mengeluarkan izin 5G, tentu revenue operator selular akan semakin tumbuh,”terang Ririek di sela-sela acara Selular Business Forum 2019.

 

Baca Juga :