Perangkat Lunak GDSS (group DSS)

Perangkat Lunak GDSS (group DSS)

Perangkat Lunak GDSS (group DSS)

Memungkinkan beberapa pemecah masalah bekerja bersama-sama sebagai satu kelompok untuk mencapai solusi. Pemecah masalah dapat mewakili sebuah komite atau tim proyek, para anggota kelompok dapat berkomunikasi secara langsung atau melalui GDSS.

GDSS

Suatu sistem berbasis komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam satu tugas (tujuan) bersama dan yang menyediakan interfase bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama

Proses yang terjadi pada GDSS :

  • Mengorganisasi pendapat yang  muncul dalam kelompok
  • Mengumpulkan informasi
  • Mengurutkan berdasar prioritas
  • Mengumpulkan aspek-aspek pendukung

Otomasi Perkantoran (Office Automation)

Definisi otomasi perkantoran atau office automation mencakup semua sistem informasi formal dan informal, terutama yang berkaitan dengan cara berkomunikasi dan penyebaran informasi ke dan dari orang-orang dalam maupun diluar organisasi (perusahaan).

Siapa yang menggunakan OA

Kelompok Pemakai OA

  • Manajer      = Pekerja Terdidik (knowledge workers)
  • Profesional           = Pekerja Terdidik (knowledge workers)
  • Sekretaris
  • Pegawai administrasi

Tujuan OA

  • Mengurangi biaya administratif
  • Pemecahan masalah
  • Pelengkap dan bukan pengganti

Contoh Aplikasi OA

  • Pengolahan kata
  • E-mail
  • Voice mail
  • FAX
  • Kalender elektronik
  • Konferensi audio/video
  • Konferensi komputer
  • Imaging
  • Dekstop publishing

Pengolah Kata (Word Processing): Penggunaan alat elektronik yang  secara otomatis melaksanakan banyak tugas yang berkaitan dengan  penyiapan dokumen yang tercetak.

Electronic Mail (E-mail):Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima  pesan-pesan dengan menggunakan terminak komputer dan alat  penyimpanan.

Voice Mail: Pengiriman pesan dengan  mengucapkan ke dalam telepon, dan pesan yang telah terkirim, oleh penerima dapat diambil melalui telepon juga.

Kalender Elektronik: Penggunaan jaringan komputer untuk membuat, menyimpan dan mengambil agenda pertemuan (jadwal kerja).

Facsimile Transmision (FAX): Penggunaan peralatan komunikasi khusus yang dapat membaca document pada satu ujung saluran komnukasi  dan membuat salinannya di ujung yang lain.

Konferensi Audio: Penggunaan peralatan komunikasi  suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi.  Daya tarik konferensi audio :

  • Biaya relatif murah bagi perusahaan
  • Orang-orang merasa nyaman berbicara
  • Butuh beberapa menit saja untuk menyiapkan peralatan

Ke-efisiensi-an sebuah konferensi  audio :

  • Di tunjuk moderator (orang yang mengkoordininasi jalannya konferensi)
  • Jumlah peserta dibatasi
  • Ada hasil dari pembicaraan yang dibagikan keseluruh peserta (rekaman konferensi harus disimpan)
  • Setiap peserta yang akan bicara   harus meng-identifikasi dirinya.

Penggunaan peralatan komunikasi  suara dan gambar untuk membuat suatu hubungan audio-video diantara  orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan  melaksanakan konferensi.

sumber :

Perkembangan Dan Konsep Manajemen