Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

pengertian komunikasi menurut Uchjana Effendi

mengartikan komunikasi merupakan suatu proses menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain untuk memberitahukan, pendapat, mengubah sikap atau perilaku, dimana baik lisan atau langsung atau tidak langsung melalui media.

Pengertian Komunikasi menurut Harold Lasswell

mengartikan komunikasi merupakan proses menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan cara apa? kepada siapa? apa akibat atau hasilnya?. Analisis 5 unsur komunikasi menurut lasswell:
1. Siapa atau sumber, sumber atau siapa merupakan pelaku utama atau pihak yang butuh berkomunikasi atau memulai komunikasi, hal itu bisa terjadi dari seseorang, individu, organisasi, kelompok dan negara.
2. Apa pesannya, pesan yang disampaikan untuk penerima dari sumber atau isi informasi merupakan suatu perangkat simbol nonverbal atau verbal yang telah mewakili sebuah nilai, perasaan, maksud sumber atau gagasan, sehingga dapat dikatakan ada 3 pesan dalam komunikasi yaitu makna, simbol untuk makna dan bentuk pesan.
3. Saluran apa atau cara apa?, untuk menyampaikan pesan tentunya menggunakan media atau alat sehingga tentunya dalam berkomunikasi penting kiranya untuk menggunakan media yang mendukung seperti apa bentuk pesan yang ingin disampaikan.
4. Untuk siapa atau penerima, dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan dimana yang diperhatikan untuk siapa kita berkomunikasi agar dapat komunikasi berjalan lancar, kita mesti mengetahui untuk siapa pesan yang ingin disampaikan.
5. Apa dampaknya pesan? Ada berbagai dampak yang ditimbulkan dalam komunikasi dimana penerima pesan dari sumber dapat melakukan perubahan sikap atau bertambahnya pengetahuaan dan lain-lain.

Pengertian komunikasi menurut Carl I. Hovland

mengartikan komunikasi merupakan suatu proses pada seseorang atau individu dengan memberikan stimula lewat lambang bahasa baik nonverbal maupun verbal dengan niat untuk mengubah tingkah laku penerima pesan.

Pengertian komunikasi menurut Theodorson dan Thedorson

mengartikan komunikasi merupakan suatu proses penyebaran informasi berupa ide, sikap atau emosi kepada seseorang lewat simbol-simbol.

Pengertian komunikasi Edwin Emery

mengartikan komunikasi merupakan sebuah seni dalam menyampaikan informasi, sikap dan ide kepada orang lain.

Pengertian komunkasi menurut Handoko

mengartikan komunikasi merupakan sebuah proses dalam memindahkan pengertian dalam suatu gagasan atau berupa informasi dari sumber ke penerima. Perpindahan informasi dapat disalurkan lebih dari kata-kata yang digunakan dalam berbicara, akan tetapi dapat disampaikan lewat isyarat wajah, titik putus vokal, intonasi dan sebagainya. Dan penyampaian pesan yang efektif diperlukan bukan hanya transmisi data akan tetapi dapat mengirimkan berita dan menerimanya sangat tergantung pada keterampilan tertentu seperti menulis, mendengar, berbicara, membaca dan lain-lain agar informasi dapat bertukar dengan sukses.