Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Pengertian dan fungsi membran sel

Home  /  Pendidikan  /  Pengertian dan fungsi membran sel

13.Mar, 2019 Comments Off on Pengertian dan fungsi membran sel Pendidikan

Pengertian dan fungsi membran sel

Pengertian membran sel (dinding sel)

Seperti namanya, membran sel atau dinding sel adalah fitur dari semua jenis sel manusia yang bertindak sebagai partisi antara lingkungan intraseluler dan ekstraseluler. Membran sel terdiri dari senyawa lipoprotein yang merupakan kombinasi dari lemak (lipid) dan senyawa protein.

Karena lemak dan protein ini memiliki sifat yang berbeda dan membran sel memiliki sifat selektif permeabilitas, lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air) dan protein bersifat hidrofilik (larut dalam air) (molekul spesifik) Hanya dapat lewat Karena membran sel dapat membatasi aktivitas yang terjadi dalam sel, mereka tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan eksternal.

Fungsi membran sel (dinding sel)

  1. Lindungi bagian sel dan bentuk sel
    Membran sel dapat menjadi media transfer antara lingkungan intraseluler dan ekstraseluler.
    Pemilihan zat untuk masuk dan keluar sel.
    Sebagai reseptor untuk stimulasi sel.
    Di mana berbagai reaksi kimia terjadi.

C. Komposisi kimia membran sel dan komposisi kimia membran sel

Struktur membran sel seperti lembaran tipis molekul lipid, protein, karbohidrat, kolesterol, dan kerangka kerja membran (sitoskelet). Membran sel memiliki sifat dinamis dan asimetris.

Selaput sel bersifat dinamis karena memiliki struktur mirip air yang memungkinkan molekul lemak dan protein untuk bergerak.
Membran sel asimetris karena komposisi protein luar dan lipid tidak sama dengan komposisi protein dan lipid dalam sel.

Fosfolipid
Molekul-molekul yang membentuk membran sel bergabung untuk membentuk lapisan fosfolipid ganda (ganda). Karena memiliki dua bagian yang berlawanan, daerah kepala yang hidrofilik (dapat berinteraksi dengan air) dan daerah ekor yang hidrofobik (tidak dapat berinteraksi dengan air), ia berlipat ganda. Disebut lapisan fosforida.

Membran protein
Selain fosfolipid, membran sel juga membawa protein membran. Ada dua jenis protein dalam lapisan fosfolipid: protein endogen (protein yang menenggelamkan dan menembus lapisan fosfolipid) dan protein perifer (protein yang menempel pada lapisan luar fosfolipid). Protein endogen berperan dalam proses pengangkutan molekul masuk dan keluar sel, sementara protein perifer berfungsi sebagai tempat untuk menempelkan hormon atau enzim.

Glikolipid dan glikoprotein (karbohidrat)
Glikolipid adalah molekul karbohidrat yang terikat pada lemak, dan glikoprotein adalah molekul karbohidrat yang terikat pada protein. Glikolipid dan glikoprotein ini berfungsi sebagai identifikasi sel. Setiap orang dan setiap sel memiliki susunan glikolipid dan glikoprotein yang berbeda. Jadi, jika ada sel asing yang masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan segera merespons sel-sel ini karena mereka tidak mengenali struktur glikolipid dan glikoprotein dari sel asing ini.

4. Kolesterol
Kolesterol berada di dekat kepala fosfolipid. Fungsi kolesterol adalah untuk menjaga stabilitas fosfolipid dalam semua situasi. Saat panas, kolesterol bisa menghalangi pergerakannya sehingga fosfolipid tidak menjadi terlalu cair. Di sisi lain, ketika suhunya rendah, fosfolipid menghambat interaksi antara lemak dan membran lemak agar tidak membeku.

5. Kerangka membran (sitoskeleton)
Faktanya, cangkang membran ini bukan bagian langsung dari membran sel, tetapi mereka berikatan dengan basis protein esensial. Ada tiga jenis utama sitoskeleton: mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen menengah. Fungsi utama sitoskeleton ini adalah untuk mempertahankan bentuk dan posisi organel.

Sifat membran sel (dinding sel)

Sifat membran sel dapat dibagi menjadi tiga jenis, berdasarkan kemampuannya mengatur pengangkutan zat ke dalam dan ke luar sel.
Tahan
Sifat membran yang tidak memungkinkan zat ekstraselular masuk ke dalam sel.

Semi-permeabel
Suatu kondisi di mana hanya zat-zat tertentu yang dibutuhkan oleh sel dapat memasuki sel. Selaput sel normal normal bersifat semipermeabel.

Permeabilitas
Merupakan sifat bahwa semua zat dapat melewati membran sel dan masuk ke dalam sel. Biasanya, sifat-sifat ini dimiliki oleh membran sel yang rusak atau hampir mati sehingga sel tidak dapat bertahan hidup.

Sumber : https://materibelajar.co.id/


Comments are closed.