Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis

Home  /  Pendidikan  /  Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis

30.Aug, 2019 Comments Off on Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis Pendidikan

Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis

Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis

Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis

Pendidikan Pemilih Diterapkan SMAN 9 Bandung pada Pemilihan Ketua Osis

Pendidikan pemilih merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa; diantaranya penyelenggara pemilu, partai politik, pemerintah, perguruan tinggi, dan organisasi masyarakat sipil. Pada pedoman pendidikan pemilih, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Malik menjabarkan pendidikan pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi. Hal tersebut menuntun masyarakat menjadi pemilih yang sukarela, mandiri, rasional, dan cerdas. Maka para pemilih perlu diberi pengetahuan dan ditumbuhan kesadaran politiknya.

Atas didasari pendidikan pemilih tersebut, SMAN 9 Bandung mengadakan simulasi di halaman

sekolah, Jalan Suparmin, Kota Bandung, Kamis, 16 Oktober 2018. Para siswa diberikan pemahaman sesuai dengan tahapan pemilihan yang pernah dilakukan KPU. Kegiatan ini diterapkan bersamaan dengan pemilihan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) yang akan menjabat di periode 2018/2019.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana, Iwan Hermawan mengatakan pelaksanaan

pemilihan ketua OSIS tahun ini, tahapannya dilakukan seperti tata cara pemilihan presiden. Mulai dari pemilihan bakal calon sampai penetapan calon ketua OSIS. Setelah ditetapkannya calon ketua OSIS, terpilihlah tiga orang yang selanjutnya melakukan kampanye ke setiap kelas.

“Pada proses pemilihan, dilaksanakan di TPS persis seperti pemilu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pendidikan politik bagi para siswa, sekaligus sosialisasi pilpres dan dan pileg 2019 kepada siswa sebagai pemilih pemula,” ujar Iwan.

Iwan mengatakan pentingnya pendidikan pemilih bagi para siswa, khususnya siswa SMAN 9 Bandung adalah mereka dapat mengetahui bagaimana alur pada pemilihan presiden pada tahun mendatang. Selain itu juga, pentingya menumbuhkan kesadaran siswa akan berpolitik. Sehingga akan menimalisir angka golput dikalangan pelajar.

Selain itu, Iwan menjelaskan mereka juga membentuk Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO) sebagai

panitia pelaksana penyelenggaraan pemilihan ketua OSIS di SMAN 9 Bandung. Mereka mengkoordinasikan seluru peserta pemilih, dengan jumlah sekitar 1200 siswa terdiri dari kelas X, XI, dan XII. Selain itu, para calon ketua OSIS yang diambil dari siswa kelas XI diantaranya Tiara Anjani S.P., Andhara Suhardy, dan Lulu Aulia Rahmah.

“Bagi ketua OSIS periode mendatang harapannya bisa menjadi pemimpin yang demokratis, berwibawa, dan tentunya tidak mengabaikan belajar. Bisa meningkatkan prestasi, baik ekstra maupun intra kulikuler,” ujar Iwan.***

 

Sumber :

https://rushor.com/niat-sholat-tahajud-dan-witir/


Comments are closed.