Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran

Home  /  Pendidikan  /  Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran

29.May, 2019 Comments Off on Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran Pendidikan

Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran

Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Konsep dan Fungsi Pemasaran

Pengertian pemasaran menurut para ahli:
Pemasaran merupakan sebagai suatu sistem sosial dan manajemenl yang menyebabkan individu dan group mendapat apa yang mereka menginginkan dan dapatkan berasal dari penciptaan dan pertukaran timbal balik product dan nilai dengan orang lain. (Philip Kotler dan Amstrong)
Pemasaran merupakan aktivitas manusia yang diarahkan untuk memenuhi permohonan dan kebutuhan berasal dari sistem pertukaran. (Philip Kotler)
Pemasaran merupakan sistem keseluruhan berasal dari aktivitas bisnis yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen maupun konsumen potensial. (W Stanton)
Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan berasal dari aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan kebutuhan dan menggapai pasar sasaran dan juga target perusahaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran
Tujuan Pemasaran merupakan tahu dan mendeskripsikan pelanggan sedemikian rupa supaya product yang di jual akan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, supaya product tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap belanja supaya yang kudu di fikirkan sesudah itu ialah bagaimana menyebabkan product tersebut tersedia.

Berikut adalah 3 Tujuan Pemasaran

1. Jangka Pendek
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan merupakan untungkan secepat mungkin. Dalam arti dapat menutup seluruh biaya-biaya memproses yang dipakai, dan kecuali ada kelebihan maka dikatakan laba atau untung.

2. Jangka Menengah
Tujuan jangka menengah merupakan mengoptimalkan menggapai titik lunas antara keseluruhan cost memproses dan keseluruhan volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan mengupayakan lebih tambah besar cakupan jumlah penjualan.

3. Jangka Panjang
Untuk jangka panjang perusahaan menjaga para pelanggan setia supaya tetap loyal serupa produknya, antara lain dengan product yang inovatif, kreatif dan berdaya peranan lebih, dan juga mengimbuhkan potongan harga tertentu bagi pelanggan.

Konsep Pemasaran
Konsep-konsep utama pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan jalinan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, permohonan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu suasana dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan merupakan niat yang kuat akan pemuas yang tertentu terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan merupakan permohonan akan product yang tertentu yang di dukung dengan kebolehan dan kesediaan untuk membelinya.

Baca Juga >> Otonomi Daerah: Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Unsur Otonomi Daerah

Fungsi pemasaran
Berikut adalah 7 faedah pemasaran:
1. Analisis Konsumen

Ialah suatu pengamatan terhadap segala permohonan dan kebutuhan konsumen. Analisis konsumen ini mengaitkan pengadaan peninjauan terhadap konsumen, menganalisis informasi konsumen, pengevaluasian lokasi, pengembangan dan pemilihan siasat terhadap segmentasi pasar secara optimal.

2. Penjualan product dan jasa

Penjualan product dan jasa, yang merangkum banyak aktivitas dalam pemasaran, seperti promosi penjualan, iklan, jalinan antar dealer, publisitas, manajemen tenaga penjualan dan jalinan konsumen.

3. Perencanaan

Perencanaan terhadap product dan jasa diantaranya seperti berbagai aktivitas pengemasan produk, uji pemasaran, gaya produk, penggunaan garansi dan penyediaan layanan konsumen. Salah satu tehnik perencanaan product dan jasa yang paling efisien ialah uji pasar.

4. Penetapan harga

Stakeholder atau lima pemangku kepentingan amat mempengaruhi ketentuan penetapan harga yaitu : konsumen, pemasok, distributor, pesaing dan pemerintah.

5. Distribusi

Distribusi, yang terdiri berasal dari penggudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, lokasi penjualan, kurir transportasi, penjualan grosir, tingkat dan lokasi persediaan, ritel dan lokasi area ritel.

6. Riset pemasaran

Yakni merupakan suatu pengelompokan, pencatatan dan penganalisisan suatu informasi yang berurutan perihal dengan berbagai macam persoalan yang berkenaan dengan pemasaran. Kegiatan riset ini amat membantu seluruh faedah bisnis pokok berasal dari suatu organisasi.

7. Analisis peluang

Analisis peluang, yang melibatkan penilaian terhadap biaya, dampak dan manfaatnya yang berkenaan dengan pemasaran. Ada tiga cara yang kudu dilakukan dalam menyebabkan analisis-biaya-manfaat (cost-benefit-analysis) yakni: menghitung volume keseluruhan cost yang terlibat dengan suatu keputusan; memperkirakan faedah secara keseluruhan berasal dari ketentuan yang dibuat; dan membandingkan keseluruhan cost dengan manfaatnya. Jika faedah yang diinginkan dapat melalui keseluruhan biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan menarik.

Demikianlah Pengertian Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Konsep Pemasaran, Fungsi Pemasaran. Semoga bermanfaat!

Baca juga :


Comments are closed.