Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Pelaksanaan UNBK SMK Disorot

Home  /  Pendidikan  /  Pelaksanaan UNBK SMK Disorot

1.Jul, 2019 Comments Off on Pelaksanaan UNBK SMK Disorot Pendidikan

Pelaksanaan UNBK SMK Disorot

Pelaksanaan UNBK SMK Disorot

Pelaksanaan UNBK SMK Disorot

Pelaksanaan UNBK SMK Disorot

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK telah memasuki hari kedua. Meski pada penyelenggaraannya menuai tanggapan positif, namun beberapa hal masih harus menjadi perhatian pemerintah.

Salah satunya adalah kebijakan yang menuntut sekolah yang belum siap secara fasilitas, sehingga membuat beberapa dari siswa-siswi mereka menumpang di sekolah lain untuk mengikuti UNBK.

Pakar psikologi Universitas Diponegoro Semarang, Hastaning Sakti menuturkan, adanya hal tersebut justru dikhawatirkan mengganggu sisi psikologis siswa dalam mempersiapkan dan melaksanakan ujian.

“Situasi yang asing, tentunya akan berpengaruh pada siswa pelaku ujian itu sendiri,” katanya ketika ditemui di kantornya, Semarang, Selasa (3/4).

Dikatakan Hastaning sangat mempengaruhi psikis, dikarenakan siswa harus melalukan penyesuaian diri, lingkungan, dan situasi. Padahal mereka sendiri juga dituntut untuk menyelesakan soal-soal dengan baik.

Sebelumnya, di sela-sela peninjauan UNBK tingkat SMK hari pertama, Senin (2/4), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Gatot Bambang Hastowo mengatakan, meski seluruh SMK di provinsinya telah melaksanakan UNBK, ia tak menampik bahwa beberapa siswa masih harus melakukan ujian di sekolah lain. Hal itu terjadi dikarenakan kurangnya fasilitas berupa unit komputer di sekolah tempat mereka belajar.

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Semarang Felik Yuniarto yang mengatakan, ada tujuh orang siswa SMK Veteran yang mengkuti UNBK di satuan pendidikan tempatnya memimpin.

Pengaruh psikologis, lanjut Hastaning, bisa menjadi luar biasa hingga mempengaruhi tingkat konsentrasi ketika siswa sudah mulai berpikiran mereka tidak berada di lingkungan mereka.

“Biasanya dia (siswa) merasa nyaman di kelasnya, atau sekolahnya yang sudah bertahun-tahun hingga ada rasa memiliki. Tentunya rasa aman dan nyaman yang ada jika dihadapkan di situasi baru, akan sangat berpengaruh,” imbuhnya.

Maka dari itu, ia juga menyebutkan, peranan sekolah dalam mempersiapkan siswanya menjadi

sangat krusial. Penting lantaran media yang digunakan siswa adalah satu unit komputer lengkap beserta monitornya.

“Durasi 120 menit di depan layar komputer akan berpengaruh pada konsentrasi anak untuk fokus pada satu titik,” lanjutnya. Kebutuhan untuk fokus tadi, katanya, bakal berdampak pada fisik anak, dimana yang tidak kuat pasti konsentrasinya akan terganggu.

Selain durasi, lokasi pun, menurut Hastaning patut menjadi pertimbangan. Semisal, jarak antara rumah dan tempat ujian yang baru, atau pun moda transportasi, pastinya harus turut diperhatikan oleh pemangku kebijakan.

“Kalau persiapan ujian pasti sudah dilakukan oleh sekolah di kelas sebelumnya. Hanya ketika anak

ini dianggap atau diajarkan ujian ini adalah tekanan dan dipress oleh lingkungan dalam hal ini keluarga dan sekolah, dia akan jadi objek penderita. Padahal dia harus jadi subjek untuk melalukan UN lebih baik,” tururnya.

Terakhir, ia berharap agar pelaksanaan UNBK tahun ini dapat berjalan lancar walau bukan sebagai penentu murni kelulusan siswa. Akan tetapi, apabila hasil akhir ternyata kurang memuaskan bagi pemerintah dan sekolah, faktor-faktor lain, kata Hastaning, harus dimasukkan ke dalam pertimbangan untuk pelaksanaan ke depan.

“Kalau hasilnya baik, ya itu prestasi siswa. Tapi selama ini diperhatikan tidak selama siswa

dituntut menyelesaikan pekerjaannya dengan baik itu atau non-akademisnya? Seperti menanggapi suatu masalah, meregulasi emosi, dan menata kembali perasaannya setelah itu,” tandasnya.

Perlu diketahui, UNBK jenjang SMK dilaksanakan empat hari, yaitu pada tanggal 2-5 April 2018. Kemudian 9-2 April untuk jenjang SMA dan madrasah aliyah (MA). Ujian susulan untuk SMA/SMK dan MA akan dilaksanakan pada 17 dan 18 April 2018.

Untuk hari pertama UNBK, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan, masing-masing menyusul pada hari berikutnya. Setiap mata pelajaran sendiri berdurasi 120 menit.

Baca Juga :


Comments are closed.