Model suplemen

  1. Table of Contents

    Model suplemen

     Pendidikan karakter juga dilaksanakan di luar jam sekolah yang mana dapat ditempuh dengan dua cara yaitu melaui kegiatan ekstrakurikuler dan melalui kegiatan kemitraan dengan lembaga lain yang memiilki kapabilitas dalam pembinaan karakter.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu media yang efektif untuk pembinaan karakter dan peningkatan mutu akademik peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu pengembangan peserta didik sesuai kebutuhan, potensi, bakat dan minat. Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab, sosial, serta potensi peserta didik.

  1. 4.      Model kolaborasi

     Merupakan kolaborasi dari semua model dan merupakan upaya untuk mengoptimalkan kelebihan setiap model dan menutupi kekurangan masing-masing pada sisi lain.

 

Selain model penerapan pendidikan karakter di sekolah, terdapat juga alternatif pembelajaran pendidikan karakter di sekolah yaitu :

  1. 1.      Tahap pembelajaran

     Dalam pendidikna karakter menuju pada terbentuknya akhlak mulia dalam diri maka terdapat tiga tahapan yang harus dilalui yaitu :

a)      Moral knowing, bertujuan agar peserta didik mampu membedakan antara nilai karakter mulia dengan karakter tercela

 

Model otonom