Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

Home  /  Pendidikan  /  Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

26.Nov, 2019 Comments Off on Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0 Pendidikan

Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

Palembang – Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 di masa depan, Menteri Riset, Teknologi

dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong pendidikan tinggi harus menyiapkan diri dan melakukan perubahan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan tinggi, khususnya prodi akuntansi.

Hal tersebut disampaikan oleh Menristekdikti pada saat menghadiri acara Simposium Nasional Akutansi Vokasi (SNAV) ke 8 dan Olimpiade Akutansi Vokasi (OAV) ke 3 di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (18/6).

“Saya sampaikan kepada semua Direktur Politeknik dan Ketua Program Vokasi yang hadir bahwa

perguruan tinggi harus melakukan perubahan yang luar biasa untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Kurikulum prodi akuntansi harus dirancang kembali agar selaras dengan tuntutan revolusi industri 4.0 yang serba digital. Kalau kita tidak berubah ke arah sana kita akan ketinggalan,” ucapnya.

Lebih lanjut Menristekdikti mengatakan Revolusi Industri 4.0 akan sangat berpengaruh pada profesi Akuntan. Ia menyebutkan seorang Akuntan dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni baik teknis akuntansi maupun teknologi yang mengiringi perkembangan akuntansi dunia. Menristekdikti menyebutkan pada revolusi industri 4.0 seorang akuntan harus akrab dengan teknologi informasi, dan memahami *big data* yang menyimpan banyak informasi, oleh karena itu Menristekdikti menyebutkan kurikulum prodi akuntansi perlu dirancang kembali demi menghasilkan lulusan akuntan yang memiliki skill dan kompeten.

“Untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan industri 4.0 di samping mempunyai keterampilan (skill)

mengenai teknik akuntansi, lulusan poltek akuntansi harus juga mempunyai pengetahuan mengenai, ‘Information Technology (IT), Otomasi, Internet of Thing (IoT), Big Data Analysis’” jelasnya.

Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Ahmad Taqwa selaku penyelenggara SNAV dan OAV ke-3 mengatakan bahwa “Kami (Direktur Politeknik dan Ketua Program Vokasi) melibatkan berbagai pihak yang merupakan pemanfaat lulusan akuntansi, dalam merumuskan kurikulum akuntansi yang sesuai dengan tuntutan saat ini dan masa depan”

 

Baca Juga :

 


Comments are closed.