Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Mengenal Teks Eksemplum

Home  /  Pendidikan  /  Mengenal Teks Eksemplum

10.Jan, 2019 Comments Off on Mengenal Teks Eksemplum Pendidikan

Mengenal Teks Eksemplum

Mengenal Teks Eksemplum

apakah anda jelas apa yang dimaksud bersama dengan teks eksemplum? Biasanya terlalu perihal erat bersama dengan pengalaman hidup seseorang, lho. Apa ya maksudnya? Teks eksemplum merupakan cerita yang perihal tingkah laku atau tokoh. Cerita akan di awali bersama dengan pengenalan tokoh, setelah itu mengulas momen apa saja yang sudah dilewati oleh tokoh, dan diakhiri bersama dengan interpretasi berasal dari dalam diri tokoh tersebut.

Teks eksemplum juga ke dalam karya sastra yang isinya menyatakan perihal pengalaman hidup tokoh. Berawal berasal dari sebuh momen yang dialami oleh tokoh dan kemudian berasal dari momen tersebut terkandung hikmah yang bisa diambil. Tujuannya adalah sehingga tidak laksanakan kekeliruan yang mirip di kemudian hari.

Struktur Teks Eksemplum

Orientasi, merupakan anggota awal teks yang memuat perihal pengenalan tokoh
Insiden, merupakan momen atau anggota yang memuat perihal problem yang dihadapi oleh tokoh
Interpretasi, merupakan anggota yang memuat pesan moral, evaluasi, dan juga akibat berasal dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita.

Selanjutnya mari kami lihat susunan dalam misal teks tersebut yang berjudul “Putri Tangguk”

Orientasi

Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, cuma seluas tangguk penangkap ikan, namun hasilnya melimpah ruah. Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki tujuh orang anak.

Insiden

Pagi yang tetap dingin tidak menghalangi tekad Putri Tangguk dan suaminya pergi ke sawah untuk menuai padi demi memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan menuju huma yang mereka tuju terlalu licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya kerap tergelincir. Bahkan, anak-anaknya ada juga yang terjatuh. Perempuan setengah baya itu terlihat kesal. “Jalan licin!” terdengar Putri Tangguk menyumpah. “Hari ini kami tidak wajib lama bekerja. Padi yang tertuai kami tumpahkan di jalur ini sebagai pengganti pasir. Besok kami tetap bisa menuai padi,” kata Putri Tangguk sambil menggerutu. Padi yang sudah tertuai, mereka taburkan di selama jalur yang mereka lalui. Mereka menghendaki jalur yang selamanya mereka lalui tidak licin lagi.

Pada suatu malam anak Putri Tangguk terbangun dan menangis menghendaki nasi untuk makan. Putri Tangguk pergi ke dapur untuk mengambil alih nasi. Ketika tutup periuk dibuka, Putri Tangguk terperanjat karena tidak ada nasi di dalamnya. Kemudian, ia berlangsung menuju lumbung yang digunakan untuk menyimpan beras dan padi. Ia terlalu terperanjat ketika lihat lumbung itu kosong. Dengan setengah berlari, Putri Tangguk menuju lumbungnya yang lain. Ia jadi terperanjat karena di dalam ketujuh lumbung padi yang dimilikinya tidak sebutir beras atau padi pun yang ditemuinya.

Setelah mengemukakan apa yang ditemuinya itu, Putri Tangguk dan suaminya bergegas berangkat menuju huma mereka. Akan tetapi, mereka terlalu terperanjat karena tidak sebatang pun padi ada di huma mereka. Dalam keadaan sedih, Putri Tangguk pulang ke rumah. Kesedihannya jadi jadi tambah ketika mendengar tangisan anak-anaknya yang kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin akibat kesombongannya bersama dengan membuang-buang padi semaunya di jalur yang dilewatinya.

Interpretasi

Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh. Manusia tidak boleh menghambur-hamburkan kekayaannya karena semuanya merupakan anugerah dan titipan Sang Pencipta. Putri Tangguk yang pada awalannya terlalu kaya jatuh miskin karena kesombongan dan keangkuhannya. Ia tidak mensyukuri kekayaan yang sudah diberikan Tuhan kepadanya.

Contoh Soal

Perhatikan kutipan teks berikut!

Ia jelas bahwa kematian juga akan berkunjung secara tiba-tiba. Ia juga jelas bahwa untuk mebahagiakan ke-2 orang tuanya bukan cuma berasal dari nilai saja. Namun tetap banyak cara yang lainnya. Jadi bagaimanapun keadaan kita, kami wajib selamanya berusaha untuk membahagiakan ke-2 orang tua kita. https://www.biologi.co.id/

Kutipan di atas juga dalam keliru satu susunan teks eksemplum yaitu….

orientasi
insiden
interpretasi
kesimpulan

Jawaban : C

Pembahasan : Kutipan di atas memuat pesan moral, evaluasi, dan akibat berasal dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita yang ada dalam kutipan teks eksemplum di atas, maka kutipan di atas juga dalam interpretasi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan c.


Comments are closed.