Manfaat Menabung

Manfaat MenabungManfaat Menabung

Dalam kegiatan menabung dibank pemilik rekening tabungan atau masyarakat dapat menikmati banyak manfaat yang akan dirasakan saat awal menabung dan dimasa yang akan datang. Berikut adalah beberapa manfaat dari menabung.

Manfaat Menabung

Belajar hidup hemat

Kegiatan menabung yang dilakukan secara rutin setelah gajian misalnya, akan membuat seseorang menyisakan pendapatannya sehingga menghindari jajan-jajan yang kurang berguna. Uang tersebut sudah dialokasikan untuk menabung.

Ketersediaan uang disaat mendesak
Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadidimasa depan, salah satunya ketika jatuh sakit. Saat sakit tentu saja kita membutuhkan pengobatan, uang tabungan ini bisa dipergunakan untuk mengantisipasi keadaan mendadak yang bisa saja datang tiba-tiba.

Mencegah berhutang
Keadaan yang mendesak seperti sakit yang membutuhkan perawatan namun, tidak memiliki ketersediaan dana mau tidak mau jalan berhutanglah yang ditempuh. Berhutang kepada bank contohnya, akan berbunga dan malah akan memperberat saat pembayaran. Dengan menabung kita tidak perlu mengalami hal tersebut.

Investasi
Salah satu syarat dalam melakukan investasi adalah dengan menabung, tidak mungkin anda dapat memikirkan investasi tanpa menabung dari awal.

Selain manfaat menabung secara umum, menabung juga merupakan salah satu kunci kesuksesan dimasa yang akan datang. Manfaat menabung ini akan sangat dirasakan dimasa yang akan datang, diantaranya :

1. Rencana pensiun.
Saat sudah tua anda akan memikirkan rencana untuk pensiun, tanpa uang yang cukup hal ini akan mengusik ketenangan pensiun anda. Menabung sejak dini setidaknya dapat memberikan anda „nafas‟ lega saat pensiun nantinya.

2. Pendidikan anak.
Biayapendidikan terus meningkat setiap tahunnya, tak ayal anda harus menyisihkan uang ekstra untuk menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi. Untuk itu menabunglah sejak dini.

3. Sakit-sakitan.
Hampir sebagian besar dari kita akan mengalami sakit-sakitan padahari tua, terlebih melihat pola hidup yang tidak sehat serta makanan kimia yang merajai sebagian pasaran. Biaya untuk berobat harus kita tunjang dengan hasil tabungan kita nanti tua, terlebih jika anak-anak kita belum sukses.

Baca juga:

  1. Anatomi, Letak, dan Fungsi Usus Halus
  2. Stroke Definisi, Patofisiologi, Diagnosa, Gejala, dan Penatalaksanaan
  3. Panen tanaman KINA
  4. Hama dan Penyakit tanaman KINA