MANFAAT INFORMASI UNTUK SUATU ORGANISASI

MANFAAT INFORMASI UNTUK SUATU ORGANISASI

MANFAAT INFORMASI UNTUK SUATU ORGANISASI
MANFAAT INFORMASI UNTUK SUATU ORGANISASI

informasi organisasi merupakan salah satu teori komunikasi yang membahas mengenai pentingnya penyebaran informasi dalam organisasi untuk menjaga kelangsungan hidup organisasi tersebut. Teori ini menekankan proses dimana individu mengumpulkan, mengelola, dan menggunakan informasi.

Organisasi manusia ada dalam sebuah lingkungan informasi.Asumsi ini menyatakan bahwa organisasi bergantung pada informasi agar dapat berfungsi dengan efektif dan mencapai tujuan mereka.
Informasi yang diterima sebuah organisasi berbeda dalam hal ketidakjelasannya. Ketidakjelasan yang dimaksud disini adalah ambiguitas dalam hal informasi yang diterima oleh organisasi.
Organisasi manusia terlibat di dalam pemrosesan informasi untuk mengurangi ketidakjelasan informasi.[ Dalam upaya mengurangi ambiguitas tersebut, organisasi mulai melakukan aktivitas kerja sama untuk membuat informasi yang diterima dapat dipahami dengan baik.
Untuk mengurangi ketidakjelasan yang muncul dalam penyebaran informasi dalam organisasi, hal yang dapat dilakukan adalah:
Menciptakan lingkungan organisasi (Entactment) yang merujuk kepada bagaimana informasi akan diterima dan diinterpretasikan oleh organisasi.
Menginterpretasikan input (seleksi) dengan memilih metode terbaik untuk mendapatkan informasi.
Pengulangan (retensi) merupakan proses yang menekankan pada hal-hal kecil dengan mendasarkan pada ingatan kolektif dan memungkinkan orang untuk mencapai tujuan.

Sumber : https://obatpenyakitherpes.id/