Manajemen dan Organisasi

Manajemen dan Organisasi

Manajemen dan Organisasi
Manajemen dan Organisasi

PENGERTIAN DAN PERANAN MANAJEMEN

  • George R. Terry, dalam bukunya, The Principles of Management, mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya melalui usaha orang-orang lain
  • Harold Koontz dan Cyril O’Donnell, dalam bukunya, The Principle of Management, mengatakan bahwa manajemen adalah cara mencapai suatu tujuan tertantu melalui kegiatan orang lain.
  • John D. Millet, dalam bukunya Management in the Public Service, mengemukakan bahwa manajemen adalah proses pengerahan dan pemberian fasilitas/pekerjaan kepada orang-orang yang di organisasikan di dalam organisasi-organisasi formal, guna mencapai tujuan yang telah di tentukan.
  • Peranan Manajemen ialah, mengkoordinasikan sumber-sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN

Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen.beberapa penulis melacak perkembangan pemikiran manajemen pada pedagang-pedangan Sumeria dan pembangun piramid Mesir. Para pemilik budak selama berabad-abad menghadapi permasalahan eksploitasi/memotivasi budak yang bergantung namun terkadang suka melawan (memaksa otoritas), namun banyak perusahaan pra-industri, dengan skala mereka yang kecil, tidak merasa terdorong ungtuk menghadapi permasalahan manajemen secara sistematis. namun, inovasi seperti penyebaran sistem angka Hindu-Arab (abad ke-5 hingga ke15) dan kodifikasi kesekretariatan entri-ganda (1494) menyediakan perangkat untuk penilaian, perencanaan dan kendali manajemen.Bidang pelajaran manajemen berkembang dari ekonomi dalam abad 19. Pelaku Ekonomi klasik seperti Adam Smith dan John Stuart Mill memberikan teori teori pengaturan sumber daya| pengaturan sumber daya, produksi dan penetapan harga.Pada saat yang hampir bersamaan, penemu seperti Eli Whitney, James Watt, dan Matthew Boulton mengembangkan teknik produksi seperti Penetapan standar, prosedur kontrol kualitas, akuntansi biaya, penukaran bahan, dan perencanaan kerja.Pada pertengahan abad 19,Robert Owen, Henry Poor, dan M. Laughlin dan lain-lain memperkenalkan elemen manusia dengan teori pelatihan,motivasi,struktur organisasi dan kontrol pengembangan pekerja.Pada akhir abad 19, Pelaku ekonomi marginal Alfred Marshall dan Leon Walras dan lainnya memperkenalkan lapisan baru yang kompleks ke teori manajemen.Pada 1900an manajer mencoba mengganti teori mereka secara keseleruhan berdasarkan sains.Teori pertama tentang manajemen yang lengkap muncul sekitar tahun 1920. Orang seperti Henry Fayol dan Alexander Church menjelaskan beberapa cabang dalam manajemen dan hubungan satu sama lain.Peter Drucker menulis salah satu buku paling awal tentang manajemen terapan: “Konsep Korporasi” (Concept of the Corporation), diterbitkan tahun 1946. Buku ini muncul atas ide Alfred Sloan (chairman dari General Motors) yang menugaskan penelitian tentang organisasi.H. Dodge, Ronald Fisher, dan Thorton C Fry memperkenalkan teknik statistika ke dalam manajemen. Pada tahun 1940an, Patrick Blackett mengkombinasikan teori statistika dengan teori mikroekonomi dan lahirlah ilmu riset operasi.Riset operasi, sering dikenal dengan”Sains Manajemen”,mencoba pendekatan sains untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen, khususnya di bidang logistik dan operasi.

Sumber : http://riskyeka.web.ugm.ac.id/seva-mobil-bekas/