Lansia Diberikan Pelatihan Wirausaha

Lansia Diberikan Pelatihan Wirausaha

Lansia Diberikan Pelatihan Wirausaha
Lansia Diberikan Pelatihan Wirausaha

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Insani memberikan pelatihan keterampilan wirausaha masyarakat lanjut usia (lansia) di RW 013 Kelurahan Harapanbaru Bekasi Utara, Sabtu (24/8). Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Ketua Pelaksana Pelatihan Kristiana Widiawati menyampaikan, PKM merupakan bagian dari

kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang harus dilaksanakan oleh dosen. Ia menjelaskan dipilihnya warga RW 013 Kelurahan Harapanbaru, sebagai peserta pelatihan.

”Kita memilih RW 013 karena menurut saya ibu-ibu disana memiliki niat dan aktif untuk mengembangkan usaha yang akan dibuat oleh mereka sendiri,” terang Kristiana, dalam kesempatan kegiatan tersebut.

Kegiatan yang melibatkan dosen dan beberapa mahasiswa ini memberikan pelatihan kepada sekitar 29 lansia tentang teknis produksi seperti menciptakan desain produk, branding kemasan produk, serta pemasaran produk. Dengan pelatihan ini diharapkan lansia dapat menghasilkan produk yang bernilai jual.

Melalui social preneur, lansia diberdayakan program wirausaha dibidang makanan, minuman, dan

kerajinan tangan. Pada bidang usaha makanan seperti, produksi kriping atau emping jengkol. Sementara pada bidang usaha minuman seperti produksi sirup kembang telang. Sedangkan pada bidang kerajinan tangan difokuskan melalui kerajian berupa tas rajut, dan tempat tisu.

”Sebenarnya ada 48 lansia yang terdata di RW 013, tetapi yang aktif hanya ada 29 lansia. Dengan

jumlah yang ada kami berdayakan dengan sebaik-baik nya,” katanya.

Dalam menjalankan program, lansia akan diberikan motivasi dan pendampingan. Selain mendorong lansia lebih produktif, program ini untuk menyelesaikan masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat serta meningkatkan perekonomian.

 

Baca Juga :