Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Kunci Sukses Mengajukan Lamaran Kerja di Era Digital

Home  /  Pendidikan  /  Kunci Sukses Mengajukan Lamaran Kerja di Era Digital

5.Nov, 2018 Comments Off on Kunci Sukses Mengajukan Lamaran Kerja di Era Digital Pendidikan

Kunci Sukses Mengajukan Lamaran Kerja di Era Digital

Kunci Sukses Mengajukan Lamaran Kerja di Era Digital

Rekan Kerja, untuk bisa diterima di dalam suatu perusahaan, Anda tentu mesti mengajukan lamaran lebih-lebih dahulu. Tidak mesti mengantarkan lamaran satu persatu ke perusahaan yang Anda inginkan, kini sistem pencarian kerja udah berubah ke sistem elektronik.

Dengan berkembangnya teknologi yang ada, sebagai generasi milenial, Anda mesti lebih aktif dan inisiatif mencari langkah untuk bisa sukses mengajukan lamaran di era digital. Bagaimana caranya? Berikut kita udah rangkum poin-poinnya untuk Anda.

1. Pastikan isi CV jelas dan ringkas

Hal pertama yang mesti Anda siapkan sebelum melamar pekerjaan adalah mempersiapkan Curriculum Vitae (CV). Namun tidak sembarang membawa dampak CV, agar mungkin lamaran dilirik perusahaan makin lama tinggi, buatlah isi CV Anda sejelas dan seringkas mungkin. Masukan informasi yang bisa menunjukan kapabilitas Anda layaknya pengalaman kerja dan prestasi. Tidak mesti seluruh informasi Anda cantumkan, cukup yang terjalin bersama dengan pekerjaan yang Anda lamar saja.

Perlu diingat, jangan hanya menyatakan posisi/jabatan Anda di pekerjaan sebelumnya, tetapi jelaskan termasuk tugas dan pencapaian apa yang sukses Anda lakukan. Sebagai misal Anda bisa mencantumkan pencapaian layaknya sukses menaikkan penjualan sebesar 80 persen. Sementara itu, melampirkan termasuk satu alamat email serta akun LinkedIn Anda terhadap CV.

2. Buat portofolio

Kebanyakan lowongan pekerjaan sebenarnya hanya menyatakan CV sebagai syarat melamar. Namun terhadap sebetulnya jangan hanya berikan CV Anda selagi melamar! Sebagai bukti atas karya/tugas yang udah pernah Anda lakukan, buatlah portofolio khusus. Portofolio berikut bisa berisikan desain yang pernah Anda buat untuk klien atau misal tulisan. Agar makin lama dilirik oleh perusahaan, buatlah portofolio berikut semenarik mungkin dan benar-benar memperlihatkan kapabilitas Anda di dalam bidang yang dikuasai.

3. Rapikan akun LinkedIn

Tidak hanya digunakan untuk membangun relasi antar bisnis, platform profesional layaknya LinkedIn selagi ini udah jadi daerah untuk merekrut dan mencari pekerjaan secara efektif. Dilansir berasal dari Forbes, Dengan LinkedIn, Anda bisa meletakan CV terhadap profil dan melamar pekerjaan ke perusahaan yang diinginkan. Sementara itu pihak perusahaan termasuk bisa bersama dengan bebas melihat beraneka profil LinkedIn calon karyawan yang dinilai punyai potensi, tanpa mesti mengeluarkan banyak tenaga dan duwit untuk sistem seleksi.

Karena itu mulai sekarang, rapikanlah akun linkedin Anda! Jadikan profil linkedin Anda sebagai CV terbuka yang tiap tiap selagi siap diamati oleh perusahaan. Jangan biarkan profil Anda kosong dan berantakan. Isilah bersama dengan beraneka informasi mutlak layaknya pengalaman pekerjaan dan kapabilitas apa yang Anda kuasai. Tips lainnya, mintalah endorsement dan testimoni berasal dari teman Anda sebagai bukti mereka udah mengakui kapabilitas Anda.

4. Perhatikan akun sarana sosial

Di era digital layaknya selagi ini, tiap tiap orang tentu punyai lebih berasal dari satu akun sarana sosial. Meskipun bertujuan untuk berkomunikasi, tetapi jelas atau tidak sarana sosial selagi ini termasuk jadi alat pertimbangan yang digunakan banyak HRD perusahaan di dalam merekrut karyawan baru. Melalui sarana sosial, pihak perusahaan bisa melihat kepribadian berasal dari calon pelamar, dan hal itu dapat jadi keliru satu faktor penentu apakah Anda diterima atau tidak. Karena itu mulai selagi ini mencermati kembali konten sarana sosial Anda. Lihat lagi, apakah Anda kerap menyebarkan hoax atau menuliskan seluruh perasaan termasuk umpatan terhadap perusahaan lama? hati-hati ya!

5. Gunakan keywords

Banyak perusahaan selagi ini menggunakan mesin pencarian spesifik pekerjaan layaknya simplyhired yang udah menggunakan sistem pelacakan agar bisa menyeleksi lamaran bersama dengan cepat. Agar surat lamaran Anda bisa terdeteksi dan tidak lewat begitu saja, menggunakan kata kunci/keywords yang tepat. Misalnya, jika menginginkan melamar pekerjaan di bidang IT, maka pastikan Anda mencantumkan software/hardware yang paling kerap dicari di mesin pencarian. Percayalah, kata kunci berikut dapat membantu agar CV Anda bisa dilirik oleh perusahaan.

Nah, Rekan Kerja itu tadi kunci sukses mengajukan lamaran pekerjaan di era digital yang bisa Anda coba. Sekarang, persiapkan seluruh dokumen yang diperlukan bersama dengan baik agar CV Anda tidak terlewat begitu saja.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/


Comments are closed.