Kontroversi Kelompok

Kontroversi Kelompok

Kontroversi Kelompok

Dari 2 definisi dapat disimpulkan

bahwa kontroversi kelompok adalah perdebatan atau konflik yang terjadi dalam sekumpulan individu dengan jumlah lebih dari 2 orang yang memiliki keterikatan satu sama lain.

Karakteristik dalam kelompok.

  • Interaksi interpersonal mutual influence.
  • Struktur roles, norm, intermember relations.
  • Tujuan motivasi
  • Persepsi kekelompokan merasa sebagai satu entitas (kesatuan yang tunggal).
  • Kesalingtergantungan

Melihat dari pengertian kontroversi kelompok dan karakteristik dalam kelompok, kita bisa menarik garis lurus antara perdebatan dalam pengertian kontroversi kelompok dan tujuan dalam karakteristik dalam kelompok. Dengan jumlah individu yang tidak lebih satu, akan semakin sulit untuk menentukan tujuan bersama yang disetujui oleh semua orang, dalam hal ini maka akan terjadi kontroversi atau perdebatan antar anggota kelompok dengan maksud menentukan tujuan. Selain menentukan tujuan tersebut, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kontroversi atau perdebatan dalam kelompok, antara lain kebutuhan kelompok itu, persaingan antar anggota kelompok, serta kelangkaan sumber daya (uang).


Mengapa kelangkaan sumber daya dalam hal ini uang, menjadi salah satu alasan terjadinya kontroversi? Hal ini disebabkan karena dengan kurangnya uang yang dimiliki kelompok tersebut, makan akan tinggi perdebatan antara anggota kelompok untuk memperebutkan uang tersebut.

Selain hal yang menyebabkan kontroversi itu terjadi, ada juga cara untuk menanganinya, antara lain :


  • Harus bisa bernegosiasi antar anggota kelompok, sehingga bisa meredam emosi antar anggota kelompok.
  • Kerjasama yang tinggi antar anggota kelompok.
  • Saling ketergantungan,

Maksudnya adalah dengan antar anggota kelompok yang memiliki rasa saling ketergantungan, maka kontroversi yang terjadi akan sangat minim untuk menghindari “gesekan” antar anggota kelompok.

Maka dari itu, kontroversi dalam kelompok adalah hal yang sangat wajar dalam proses perkembangan bagi kelompok itu.


Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/17/racing-xtreme-apk/