Keyword “Harbolnas 12.12” Meningkat Hingga 682% di 2 Tahun Terakhir

Keyword “Harbolnas 12.12” Meningkat Hingga 682% di 2 Tahun Terakhir

 

Keyword “Harbolnas 12.12” Meningkat Hingga 682% di 2 Tahun Terakhir
Keyword “Harbolnas 12.12” Meningkat Hingga 682% di 2 Tahun Terakhir

Hari belanja online terbesar di Indonesia alias Harbolnas akan kembali digelar 12 Desember 2019.

Pesta belanja online ini pertama kali digelar pada tanggal 12 Desember 2012 dan kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online yang aman & nyaman dan bisa dilakukan kapan saja.

Selain itu, gelaran ini juga ditujukan untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi. Nah! CupoNation baru-baru ini melakukan studi untuk mengetahui atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas atau promo 12.12 selama 2 tahun terakhir.

Studi tersebut mencatat bahwa penelusuran online tentang Harbolnas terus melonjak di Indonesia. Jika dilihat dari jumlah penelusuran online untuk kata kunci “12.12” melalui Google, disimpulkan bahwa jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye Harbolnas terus melonjak di dua tahun terakhir.

Jumlah penelusuran kata kunci “12.12” saat puncak perayaan Harbolnas juga meningkat hingga

165 persen di tahun 2017 dibanding tahun 2016. Dan kemudian kembali melonjak lebih tajam, yakni hingga 682 persen pada tahun 2018 dibandingkan tahun 2017.

Jika dilihat dari sumber wilayah dengan popularitas volume pencarian kata kunci 12.12 tertinggi, setidaknya terdapat lima wilayah di Indonesia yang masyarakatnya sangat antusias terhadap Harbolnas. Kelima wilayah tersebut adalah Sulawesi Barat, Banten, Daerah Istmewa Yogyakarta, Jawa Barat dan Sumatera Barat.

Di tahun 2017, wilayah yang masyarakatnya memiliki atensi tertinggi terhadap pesta belanja online 12.12 alias Harbolnas adalah Nusa Tenggara Barat, disusul oleh Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Barat dan Lampung. Ya! CupoNation memang mencatat ada perubahan yang signifikan.

CupoNation juga mencatat beberapa situs belanja online yang memiliki volume pencarian

tertinggi. Situs yang menduduki peringkat pertama dengan volume pencarian terbanyak pada mesin pencari Google adalah Shoppe, dan disusul oleh Lazada. Peringkat ketiga hingga kelima diduduki oleh Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.

Sebelumnya, pada tahun 2017 Shopee hanya menduduki peringkat ketiga. Sementara, Lazada merupakan situs yang paling banyak dicari oleh pemburu diskon di Indonesia. Selengkapnya adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Blibli yang harus puas berada di posisi kelima.

Sumber:

https://danu-aji-s-school.teachable.com/blog/201963/hitknockdown