Call Us:+1-888-888-888
Background Image

kelompok kecil

Home  /  Pendidikan  /  kelompok kecil

25.Nov, 2019 Comments Off on kelompok kecil Pendidikan

kelompok kecil

kelompok kecil

kelompok kec

kelompok kec

Apakah Saudara ingin mengalami kedewasaan rohani? Kelompok kecil adalah salah satu cara yang sangat baik untuk menggapainya. Kelompok kecil merupakan sarana untuk mempertumbuhkan iman, pengharapan dan kasih. Melalui kelompok kecil Saudara dapat belajar firman Tuhan, menyembah Allah, bersekutu dengan sesama, dan belajar melayani dan bersaksi. Kelompok kecil memberi konteks yang ideal untuk mewujud-nyatakan keselamatan Saudara dalam kehidupan sehari-hari.

Kelompok kecil adalah pola yang dipakai Allah guna mempertumbuhkan, memelihara dan memakai umat-Nya di sepanjang sejarah. Hal ini dapat dipelajari dari Alkitab, baik dari dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Dalam Perjanjian Lama, Allah seringkali menggunakan kelompok-kelompok kecil untuk melaksanakan karya-Nya. Allah memakai 8 orang dalam keluarga Nuh untuk menggenapkan rencana-Nya bagi dunia ini (Kejadian 7 – 9). Demikian pula Ia memakai Daniel beserta teman-teman kelompok kecilnya untuk bersaksi di tanah pembuangan mereka di Babel (Dan. 1:6; 13–20; 2:17–18).

Lihat juga contoh Musa dalam Keluaran 18:13–26, ketika ia mengikuti nasihat mertuanya, Yitro, untuk membagi kelompok 1000 orang, 100 orang, 50 orang, dan 10 orang, sehingga memungkinkan setiap anggota kelompok mendapat perhatian yang lebih baik. Dalam Perjanjian Baru pola kelompok kecil itu terus dipergunakan. Tuhan Yesus Kristus sendiri menggunakan metode kelompok kecil dengan memfokuskan pemuridan kepada 12 orang murid (Mat. 10:1-5). Pada saat Gereja mula-mula berdiri, selain mengadakan kebaktian bersama, umat Tuhan juga bersekutu dalam kelompok-kelompok kecil di rumah masing-masing (Kis. 2:41-47).

Di jemaat GKI Gading Serpong yang terus bertumbuh secara kuantitas, melalui program Empat Puluh Hari Hidup Yang Bertujuan (40 DOP), dicanangkan pembentukan kelompok-kelompok kecil sebagai salah satu sarana untuk turut memperkembangkan kualitas jemaat. Di GKI Gading Serpong kelompok kecil ini diberi nama KTB (Kelompok Tumbuh Bersama).

Kelompok kecil adalah suatu kelompok yang terdiri dari 6 – 12 orang yang sepakat untuk berkumpul secara berkala dan berkesinambungan dalam suatu tempat untuk melakukan berbagai hal yang menunjang pertumbuhan di dalam Kristus. Tiap kelompok kecil terdiri dari beberapa anggota dan satu/dua fasilitator (pemimpin/wakil).

Di dalam kelompok kecil, Saudara dan anggota kelompok yang lain dapat bersama-sama memuji Tuhan, berdoa dan belajar firman Tuhan. Saudara dapat menonton VCD bersama-sama atau saling membagikan berkat yang diperoleh dari membaca buku tertentu. Saudara dapat mendalami Alkitab dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan buku panduan.

Di dalam kelompok kecil Saudara dilatih dasar-dasar hidup kekristenan, seperti saat teduh, jam doa yang teratur, menggali firman Tuhan, dan melayani sesuai dengan talenta yang telah dikaruniakan-Nya. Melalui kelompok kecil Saudara pun dapat terlatih menjadi terampil dalam berdoa, ber-PA, ber-PI, memimpin persekutuan (MC), memimpin kelompok kecil, dan lain-lain.

Kelompok kecil menawarkan suasana persekutuan yang penuh kehangatan, kasih dan perhatian. Selain itu, secara teknis, kelompok kecil sangat praktis, efisien dan fleksibel. Praktis tempatnya, efisien dalam waktu dan biaya, serta fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun demikian hasilnya sangatlah baik, yaitu: sasaran pembinaan dan pelayanan lebih cepat tercapai, karakter diubahkan, karunia diperkembangkan, para pelayan Tuhan berlipat ganda, lebih banyak orang dimenangkan, sehingga nama Tuhan dimuliakan.

Saudara adalah murid Kristus. Selain bersekutu secara pribadi dengan Tuhan dan beribadah bersama dalam Kebaktian Umum, Saudara perlu memiliki persekutuan dalam kelompok kecil. Kelompok kecil adalah suatu pola pemuridan yang baik dan efektif.

Program 40 DOP menawarkan pembentukan kelompok-kelompok kecil. Marilah Saudara! Ikutlah serta! Daftarkan diri Saudara segera!

Baca Juga :


Comments are closed.