Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Keaneka ragaman hayati

Home  /  Pendidikan  /  Keaneka ragaman hayati

7.Feb, 2019 Comments Off on Keaneka ragaman hayati Pendidikan

Keaneka ragaman hayati

Pengertian Keragama Hayati

Keanekaragaman hayati adalah kekayaan dan keanekaragaman makhluk hidup dari berbagai tempat di ekosistem. Apa itu ekosistem? Ekosistem adalah sekelompok organisme baik tumbuhan dan hewan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Ekosistem selalu berusaha menjaga keseimbangan. Setelah ekosistem terganggu, ekosistem akan beradaptasi kembali dengan cepat. Keseimbangan ekosistem dapat terganggu oleh alam dan manusia (polusi tanah, polusi udara, pengembangan berlebihan, dll.).

Tingkat keanekaragaman hayati ini dapat dibagi menjadi tiga.

1. Keragaman genetik

Ini adalah salah satu jenis mutasi genetik. Tingkat keragaman genetik muncul karena setiap individu memiliki genotipe yang unik. Gen adalah bahan kromosom suatu organisme yang mengontrol sifat-sifat suatu organisme. Misalnya, Durian (durio zibethinus) memiliki berbagai varietas seperti Durian Montong, Durian Petruk, Mimang Durian.

Keragaman spesies

Spesies dapat diartikan sebagai kelompok individu yang menunjukkan beberapa karakteristik penting dibandingkan dengan kelompok lain. Fitur-fitur ini dapat dalam bentuk morfologi, fisiologi atau biokimia. Misalnya, harimau, harimau, dan kucing memiliki bentuk yang berbeda, tetapi sebenarnya mereka adalah saudara.
Keanekaragaman ekosistem

Semua makhluk hidup harus berinteraksi dengan lingkungannya. Ada dua faktor yang menjadi bagian dari ekosistem. Pertama, faktor biologis yang merupakan organisme seperti hewan. Kedua, faktor abiotik yang merupakan bagian dari ekosistem yang hidup, seperti iklim, cahaya, kandungan tanah dan mineral.
Contoh keanekaragaman ekosistem laut, yaitu cumi, udang, bintang laut, dan run – lainnya.

Keanekaragaman hayati tentu bermanfaat bagi makhluk hidup itu sendiri dan lingkungan sekitarnya. Manfaat keanekaragaman hayati dalam kehidupan sehari-hari dimanfaatkan dalam kebutuhan hidup manusia. Pakaian berasal dari ulat sutera, domba, kapas. Sumber makanan adalah umbi-umbian, buah-buahan, sayuran, telur. Bahan papan seperti kayu jati, mahoni, pohon sengon dll. Juga udara bersih dari tanaman hijau.

Keanekaragaman hayati memiliki berbagai nilai bagi manusia.

Nilai estetika (tanaman hias, keindahan bunga, dll.)
Nilai biologis (makanan, makanan, tempat tinggal, obat-obatan, bahan bangunan)
Nilai agama (mengingatkan kebesaran Tuhan)
Nilai ekologis (proses ekologis termasuk sirkulasi material dan aliran energi)
Nilai pendidikan (para ilmuwan sedang mengembangkan penelitian untuk mengembangkan keanekaragaman hayati yang saat ini sedang dikurangi)

Mengingat manfaat banyak keanekaragaman hayati, dapatkah Anda bayangkan apa yang akan terjadi pada kami jika keanekaragaman hayati ini hilang? Karena itu, kita wajib melestarikan dan melestarikannya sebagai makhluk hidup yang diberi hati dan pikiran dari Tuhan. Biarkan anak cucu kita tetap menikmatinya nanti.

Sumber : https://laelitm.com/


Comments are closed.