KARAKTERISTIK NEGARA KESATUAN

KARAKTERISTIK NEGARA KESATUAN

KARAKTERISTIK NEGARA KESATUAN

1. SENTRALISASI KEKUASAAN

Dalam sistem kesatuan, semua kekuatan terpusat di tangan pemerintah pusat dan hanya pusatnya yang merupakan sumber semua kekuasaan negara. Dalam sistem ini, tidak ada provinsi dan legislasi untuk memberdayakan pemerintah pusat, melaksanakan dan mengadili dengan penuh kekuatan, tanpa tanpa rasa takut dan teror.

Di sisi lain, para penguasa menjalankan kekuasaan mereka dengan cara mutlak tanpa pemeriksaan apa pun. Sentralisasi kekuasaan adalah masalah administratif. Meskipun di banyak negara kesatuan ada pengaturan sistem pemerintahan lokal, tetapi didelegasikan ke unit-unit ini dengan kontrol atau pengawasan pusat yang ketat.

2. PEMERINTAHAN TUNGGAL

Bentuk pemerintahan tunggal adalah sistem yang sangat sederhana. Legislatif pusat dipilih untuk mengatur dan merancang undang-undang dan negara dijalankan dengan perintah terpadu.

3. KESERAGAMAN HUKUM

Ciri lain dari bentuk kesatuan pemerintahan, bahwa hukum sistem kesatuan seragam karena undang-undang dibuat hanya oleh satu pemerintah pusat untuk seluruh daerah lainnya. Hukum yang dibuat oleh pusat sama-sama ditegakkan di seluruh negara tanpa pembedaan teritorial.

4. KONSTITUSI YANG FLEKSIBEL

Konstitusi sistem kesatuan memiliki keuntungan yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan waktu dan keadaan. Konstitusi adalah dokumen yang diperlukan untuk menjalankan sebuah negara sesuai dengan orientasinya. Fleksibilitasnya membuka jalan bagi progresivitasnya. Konstitusi sistem kesatuan bersifat evolusioner dan memungkinkan untuk menghadapi situasi apa pun.

5. TANGGUNG JAWAB

Legislatif pusat bertanggung jawab untuk legislasi, eksekutif untuk implementasi dan peradilan untuk ajudikasi. Lembaga-lembaga ini bertanggung jawab atas tanggung jawab konstitusional mereka dan oleh karena itu mereka berusaha sebaik mungkin untuk tetap berada dalam lingkaran hukum negara.

6. LEMBAGA PEMERINTAH DAERAH

Kekuasaan diberikan kepada lembaga-lembaga ini dan dukungan keuangan disediakan untuk mengelola urusan mereka melalui perwakilan lokal terpilih dalam pedoman pemerintah pusat.


Sumber: https://infotoyotabandung.co.id/background-changer-apk/