Istilah-istilah dalam blog

Istilah-istilah dalam blog

  1. Blog, merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.
  2. Blogger, sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka
  3. Blogging, kegiatan – kegiatan yang dilakukan dalam dunia Blog
  4. Blogroll, merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan Link – link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk Tukeran link sesama blogger.
  5. Blogosphere, istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan Blog.
  6. Postingan, suatu kegiatan oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.
  7. Laman, hampir sama dengan Postingan, tapi tulisan yang diketik di Laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman Blog.
  8. Komentar, tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.
  9. Komentar SPAM, komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.
  10. Traffic, adalah orang – orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut dengan Pengunjung.

Istilah-istilah dalam blog

  1. Anchor Text, sebuah teks yang berisi link didalamnya, Misal : Tutorial Blogz
  2. Backlink, sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita.
  3. Tata letak, merupakan bagian dalam Blogger. Pada bagian ini berfungsi untuk menambahkan, menghapus atau mengatur letak Gadget/Widget dalam Blog.
  4. Template, suatu pola atau desain pada suatu Blog. Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog.
  5. HTML, Hyper Text Markup Language atau yang disingkat HTML ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
  6. JavaScript, adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.
  7. SEO, search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan/terindex oleh Mesin pencari seperti Google.
  8. SERP, merupakan kependekan dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari (search engine). Misalnya Anda sedang melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.
  9. Keyword, secara singkat, Keyword adalah Kata kunci. Yang merupakan kata/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, Anda mengetik di Google dengan menggunakan kata kunci “harga blackberry terbaru”.
  10. HomePage, halaman utama/awal pada suatu web.
  11. Header, bagian paling atas halaman blog. Ini biasa digunakan untuk Menempatkan Judul dan Deskripsi Blog atau Logo Blog.
  12. Sidebar, kolom-kolom yang terdapat disisi blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu.
  13. Footer, bagian paling bawah halaman blog.
  14. Gadget, kumpulan elemen atau fitur-fitur (gratis) yang sudah disediakan oleh Pihak Blogger.
  15. Label, adalah sebuah kategori untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang berhubungan yang telah terdapat di Blogger. Tujuan menampilkan label ini agar mempermudah pengunjung untuk menemukan Artikel yang sedang dicari.
  16. Arsip, merupakan gadget Blogger yang berfungsi untuk menampilkan terbaru berdasarkan hari, tanggal, bulan maupun tahun.
  17. Favicon, favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address bar.
  18. Followers, gadget dari Blogger untuk mengikuti suatu blog.
  19. CSS CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
  20. jQuery, merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.
  21. Feed, Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog.
  22. RSS, merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala.
  23. XML, merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
  24. Atom, adalah sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah web atau blog.
  25. Ping, merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update.
  26. Pro Blogger, seorang blogger profesional atau yang sudah berpengalaman dalam dunia Blogging.
  27. URL, merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu. Misal
  28. Link, alamat URL yang terdapat pada teks atau gambar.
  29. Alexa Rank, sebuah peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.
  30. PageRank, PageRank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank digunakan pada mesin pencari (search engine) seperti Google. Skor PageRank berkisar antara 0 – 10. Bila nilai angkanya semakin besar, maka akan semakin bagus.
  31. Domain, adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer atau internet.
  32. Hosting, tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
  33. Plug-In, sebuah modul program komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik.
  34. Social Bookmarking, suatu web untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs yang dianggap favorite.
  35. Social Network, layanan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam untuk mempermudah pengguna (user) untuk berinteraksi, seperti chat, email, video, blog dan Lain – lain.
  36. Social Media, sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
  37. Black Hat SEO, suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari (search engine) seperti Google.
  38. White Hat SEO, suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan oleh search engine.
  39. Duplicate Content, konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog.
  40. Subscriber, pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.
  41. Niche Blog, suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu.
  42. Dummy Blog, merupakan situs atau blog yang bertujuan hanya untuk memperoleh backlink untuk blog utama.

sumber :

https://multiply.co.id/cowboy-hunting-apk/