Inilah Pentingnya Rem ABS Mobil Untuk Keamanan dan Keselamatan Pengendara

Agar hidup semakin mudah, semua peneliti kesudahannya merancang pelbagai teknologi yang dicantumkan di sekian banyak unsur kehidupan manusia. Salah satunya pada kendaraan, yaitu suatu fitur canggih mempunyai nama rem ABS yang bermanfaat untuk memberikan ketenteraman dan kenyamanan ketika berkendara.

Rem ABS sendiri adalahsebuah sistem pengereman yang bermanfaat untuk menangkal roda terkunci dampak ban yang kehilangan traksi atau daya cengkram di aspal. Dengan fitur ini, maka jarak pengereman kendaraan bisa menjadi lebih pendek sampai-sampai tidak bakal menabrak kendaraan yang sedang di depan Anda.

Meski begitu, kendaraan di Indonesia belum tidak sedikit yang mengimplementasikan rem ABS pada masing-masing produknya. Padahal, di negara tetangga, sistem pengereman jenis ini menjadi kewajiban untuk setiap produsen kendaraan yang hendak meluncurkan produk teranyar mereka.

“Sebenarnya semua tersebut tergantung dari pemerintahnya sih. Sebab regulasi tersebut adalahurusan mereka. Apakah mereka mengganggap bahwa fitur ini mesti untuk dipunyai atau belum,” ucap Dewinta Hutagaol, Corporate Communication, Brand management and Sustainability Bosch.

Berdasarkan riset yang dilaksanakan ketika suatu mobil diuji tabrak, ada hal yang unik dimana mobil yang memakai rem ABS menemukan nilai yang lumayan baik dikomparasikan mobil yang tidak memakai rem ABS tersebut.

Di Indonesia tidak sedikit konsumen yang tidak mempedulikan tentang adanya fitur ABS di kendaraan yang mereka beli. Meski begitu, sejumlah produsen kendaraan sudah mulai tidak sedikit menawarkan fitur itu pada sejumlah produk unggulan mereka.

Selain dicantumkan di mobil dan sepeda motor, fitur ABS pun ternyata lumayan penting untuk dipunyai oleh kendaraan besar, laksana truk. Hal ini disebabkan seringnya kendaraan tersebut membawa beban yang berlebih sehingga menciptakan ban menjadi selip ketika pengemudi mengerjakan pengereman mendadak.

Di antara banyaknya truk yang beredar di jalanan Indonesia, terdapat di antara produk truk teranyar yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS, yakni UD Trucks Quester GKE 280.

“ABS sendiri kan kegunaannya untuk menolong stabilitas dan keamanan. Bukan melulu itu saja, unit yang kami miliki pun telah siap untuk menyokong biodiesel B30 sehingga pemakaian bahan bakarnya menjadi lebih efisien,” cerah Juan Tarigan, Dirut PT Trans Migasindo.

Trans Migasindo sendiri adalahsalah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan penyaluran Liquefied Petrolium Gas (LPG) serta Bahan Bakar Minyak (BBM) dan langsung melakukan pembelian 64 unit Quester GKE 280 pada gelaran GIICOMVEC 2020 yang lalu.

“Kami memperlihatkan Quester GKE 280 ABS ini sebab sesuai dengan tema pameran, yakni Indonesia mengarah ke Nol Kematian guna transportasi darat. Dengan disematkannya sistem pengereman ABS pada mobil ini, pasti akan menciptakan pengemudi menjadi lebih aman,” ungkap Valerie Muyard, Presiden Direktur UD Astra Motor Indonesia.

Sumber : https://www.surveymonkey.com/r/92N3CTB