FUNGSI UMUM DASAR NEGARA INDONESIA

FUNGSI UMUM DASAR NEGARA INDONESIA

FUNGSI UMUM DASAR NEGARA INDONESIA

1. SEBAGAI DASAR BERDIRINYA SUATU NEGARA

Gagasan dasar negara muncul pada saat suatu negara akan dibentuk. Dasar negara ini dijadikan tonggak berdirinya tegaknya suatu negara. Dasar negara disepakati oleh seluruh warga negara untuk mengatur segala sesuatu yang ada di suatu negara.

2. DASAR KEGIATAN PENYELENGGARAAN NEGARA

Kegiatan penyelenggaraan negara dilakukan untuk mencapai cita-cita suatu negara. Untuk mencapai cita-cita negara tersebut, setiap kegiatan penyelenggaraan negara harus didasarkan pada dasar negara yang mempelopori berdirinya suatu negara.

Dasar negara digunakan untuk membatasi segala kegiatan penyelenggaraan negara agar tetap berada pada aturan yang berlaku pada suatu negara.

3. DASAR PARTISIPASI NEGARA DAN WARGA NEGARA

Partisipasi suatu negara baik pada kehidupan nasional, multinasional maupun internasional harus didasarkan pada dasar negara yang dimiliki oleh negara tersebut. Partisipasi warga negara untuk memenuhi hak dan kewajibannya juga harus berlandaskan pada dasar negara yaitu sesuai dengan pancasila.

Dasar negara ini digunakan sebagai pedoman untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai di negara yang ditempatinya.

4. DASAR PERGAULAN ANTAR WARGA NEGARA

Kehidupan bersosialisasi antar warga negara juga harus berpedoman pada dasar negara (pancasila). Di mana dasar negara ini digunakan sebagai benteng dalam membatasi setiap perilaku dalam pergaulan masyarakat agar tercipta kehidupan yang aman dan nyaman berdaulat namun tetap dinamis.

5. DASAR DAN SUMBER HUKUM DALAM SUATU NEGARA

Segala peraturan perundang-undangan yang berlaku pada suatu negara harus berlandaskan pada dasar negara yang telah disepakati sebelumnya. Dasar negara menciptakan peraturan perundang-undangan yang digunakan untuk jalan mencapai cita-cita suatu negara.


Sumber: https://hon.co.id/driveline-apk/