Diukur: Bagaimana Sonos Bergerak menyeimbangkan kinerja dan daya tahan pada speaker Bluetooth

 

 

Diukur Bagaimana Sonos Pindah menyeimbangkan kinerja dan daya tahan pada speaker Bluetooth
Diukur Bagaimana Sonos Pindah menyeimbangkan kinerja dan daya tahan pada speaker Bluetooth

Audiophiles sering mengganti merek dan teknologi arus utama. Ambil Sonos, nama terbesar dalam audio nirkabel. Meskipun banyak yang setuju dengan pengeras suara mereka, berbicara tentang “untuk pengeras suara nirkabel”, atau “kompilasi saya mendengarkan musik di latar belakang belakang.”

Sudah pengalaman saya sebagai pembicara nirkabel sering bersaing dengan pembicara Hi-fi tradisional yang lebih mahal, nyaman – jadi sekarang saya ingin mengujinya. Subjek hari ini adalah Sonos Move seharga $ 399, speaker portabel pertama yang diberi nilai IP56, berkemampuan Bluetooth. Rekan saya, Callum Booth, sebelumnya menyampaikan pendapatnya tentang pembicara di sini – ada yang mendukung penilaian untuk perspektif yang lebih luas Saya di sini hanya untuk berbicara tentang data.

[Baca: Reaktor Phantom Devialet adalah David untuk subwoofer Goliat Anda]

Gerakan Sonos dibangun untuk menahan segala macam kondisi cuaca – seperti badai pasir, tampaknya.
Selama setahun terakhir, saya telah mengambil pendekatan yang lebih teknis untuk ulasan audio saya, menangkap kinerjanya melalui pengukuran respons frekuensi yang menurut penelitian dapat sangat berkorelasi dengan preferensi pengguna. Saya masih benar-benar, Anda tahu, mendengarkan pengeras suara sebelum melakukan pengukuran, tetapi menangkap data memberi saya memungkinkan untuk memberikan perspektif yang lebih objektif yang kurang diwarnai oleh pemikiran seperti “ini adalah pengeras suara Bluetooth, itu tidak seharusnya terdengar hebat.”

Karena, sejauh yang saya khawatir, itu tidak suara yang besar. Kesan saya adalah Sonos Move terdengar sangat seimbang di rumah saya, bahkan sebelum menggunakan fitur “Auto TruePlay” pembicara yang dapat menyesuaikan suara pembicara secara otomatis tergantung di mana ia ditempatkan. Mari kita lihat bagaimana mencapai ini.

Tweeter menembak ke bawah ke Waveguide, yang menyebarkan suara secara merata ke seluruh area yang luas.
Sonos Move adalah speaker yang sulit diukur karena drivernya berada dalam konfigurasi yang tidak biasa. Ini memiliki woofer 3,5 inci yang cukup khas, tetapi tweeter-nya benar-benar menyala ke bawah menjadi “Waveguide” yang kemudian menyebarkan suara di sekitar celah kecil yang membungkus sebagian besar kelilingnya.

Ini memiliki dua manfaat teoretis. Satu: ini membantu memastikan speaker terdengar bagus di mana pun Anda berdiri. Ini menghasilkan suara yang hampir sama 90 derajat ke sisinya seperti yang terjadi tepat di depan. Dua: karena Sonos Move dirancang agar sangat tahan lama, pandu gelombang yang tipis dan miring melindungi tweeter dengan meminimalkan kemungkinan sesuatu akan melakukan kontak dengan komponen sensitif.

Untuk menangkap kinerja pembicara, saya menggunakan teknik pengukuran quasi-anechoic yang pada dasarnya menyaring pantulan dinding dari data. Saya kemudian mengulangi pengukuran ini pada beberapa sudut untuk menunjukkan bagaimana suara memancar di sekitar speaker, karena apa yang kita dengar bukan hanya suara pertama yang mencapai telinga kita, tetapi kombinasi suara langsung dengan pantulan pertama dari dinding kita.

Terakhir, penting untuk dicatat bahwa penelitian oleh para peneliti seperti Floyd Toole dan Sean Olive telah menunjukkan kepada kita bahwa, bertentangan dengan kepercayaan populer, kebanyakan orang menyukai keseimbangan frekuensi yang hampir sama dalam speaker mereka. Sebagian besar orang lebih menyukai suara yang “datar”. Dalam ruangan tipikal, apa yang dianggap sebagai flat sebenarnya adalah kemiringan sedikit ke bawah dari bagian bawah rentang frekuensi ke atas karena penguatan bass dan penyerapan frekuensi tinggi.

Mari kita lihat bagaimana langkah Sonos. Pertama, kami memiliki suara langsung – suara ketika speaker diarahkan langsung kepada Anda. Perhatikan bahwa saya belum memasukkan kinerja bass dalam data ini.

Perhatikan data di bawah ini tentang 200Hz tidak akurat dalam grafik ini karena teknik pengukuran yang digunakan.
Eesh. Sepertinya kita bukan awal yang baik, tetapi bersabarlah. Biasanya, kami ingin suaranya rata sepanjang pengukuran ini. Kita melihat penurunan dan puncak besar di treble di sini, kemungkinan disebabkan oleh pantulan dalam pandu gelombang.

Kami melihat kinerja yang sedikit lebih bersih jika kami menangkap rata-rata “jendela pendengaran”, yang menjelaskan fakta bahwa kebanyakan orang tidak terpusat dengan sempurna atau diam saat mendengarkan speaker. Ini adalah rata-rata pengukuran dalam 30 derajat horizontal dan 10 derajat vertikal. Saya juga menambahkan kinerja bass pada grafik ini, yang ditangkap menggunakan teknik pengukuran nearfield yang terpisah. Anda dapat melihat bass memanjang hingga 40Hz – hasil yang mengesankan. Tertinggi masih belum tampak hebat:

Tetapi ingat apa yang saya katakan tentang mendengar kombinasi suara langsung dan pantulan? Karena Move bukan pembicara, kebanyakan orang akan duduk langsung di depan dan mendengarkan seperti speaker hi-fi, tampaknya perusahaan memprioritaskan radiasi yang seimbang, hampir omnidirectional daripada suara langsung. Dalam gambar ini kita melihat dua grafik di atas, serta bagaimana Sonos Move mengukur hingga 90 derajat:

Meskipun treble masih terlihat berantakan, perhatikan bagaimana distribusinya tetap sama bahkan hingga 90 derajat.

Untuk memahami kekacauan di ketinggian, kami mengambil rata-rata beberapa pengukuran di bidang vertikal dan horizontal, menghasilkan sesuatu yang disebut kurva “Refleksi Awal”, ditunjukkan dengan warna biru. Rata-rata ini pada dasarnya merangkum suara yang paling penting untuk mencapai telinga kita dan lebih dekat menggambarkan bagaimana kita memahami suara dalam lingkungan mendengarkan yang khas.

Anda dapat melihat respons memiringkan cukup lancar dari bass ke treble, yang berarti bahwa speaker pada dasarnya harus dianggap cukup dekat dengan “netral” selama Anda tidak mendengarkan dari dekat. Kami tidak terlalu sensitif terhadap puncak dan penurunan yang sempit, dan ini adalah hasil yang lebih baik daripada beberapa speaker hi-fi yang tepat. Saya menduga kurva akan lebih mulus jika saya melakukan pengukuran dalam interval yang lebih ketat. Data di atas juga memberi tahu kita bahwa dalam pengaturan stereo, dispersi lebar pembicara ini mengarah ke panggung suara besar; sesuatu yang saya pikirkan dalam mendengarkan stereo saya sendiri.

Terakhir, seperti kebanyakan speaker cerdas, Move menggunakan pemrosesan sinyal digital untuk meningkatkan kinerja bass. Imbalannya adalah bahwa Sonos menempatkan batas volume pada bass untuk melindungi driver dari kerplunk. Dalam rangkaian pengukuran berikutnya, data tidak lagi quasi-anechoic, sehingga mencakup pantulan ruang dan ekstensi bass penuh, dan karenanya terlihat lebih berat di bagian bawahnya. Kita bisa melihat bagaimana kinerja bass berubah dari volume 50 persen menjadi 100 persen.

Performa bass yang diukur dari jarak 130cm, sejauh mungkin dari dinding mana pun.

Sonos Move mengeluarkan sejumlah besar bass untuk sebuah speaker kecil hingga sekitar 85 dB- yang lebih keras daripada nyaman bagi kebanyakan orang di tempat pertama. Meluas ke sekitar 40Hz, yang lebih dari kebanyakan speaker rak buku yang tepat. Mungkin tidak mengeluarkan bass paling keras di luar ruangan, di mana ada sedikit refleksi untuk memperkuat suara, tetapi 85 dB harus lebih dari cukup keras untuk sebagian besar skenario dalam ruangan. Setelah Anda melewati level itu, bass dibatasi hingga 100Hz, yang tidak terlalu buruk.

Yang terpenting, grafik di atas juga menunjukkan bahwa di ruangan tipikal, coretan pada data quasi-anechoic

sebelumnya kurang relevan – pembicara pada dasarnya memiliki distribusi frekuensi yang sangat seimbang (dengan kemiringan yang diharapkan) begitu Anda memperhitungkan pantulan ruangan yang khas. (Perhatikan takik sekitar 50-80Hz adalah artefak dari kamar saya, bukan speaker).

 

Sonos Move mungkin bukan puncak dari hi-fi, tapi ini adalah speaker yang tampaknya menyeimbangkan kualitas

suara secara keseluruhan dengan penggunaan yang dimaksudkan sebagai speaker Bluetooth dan menjanjikan daya tahan yang serius. Ini mungkin “hanya” menjadi speaker Bluetooth, tapi jelas beberapa pertimbangan nyata masuk ke kinerja akustik – seperti yang diharapkan $ 399. Sonos dapat membuat produk untuk konsumen sehari-hari, jika Pindahkan adalah sesuatu untuk pergi, memotong audio juga bukan lelucon.

Posting ini berisi tautan terkait ke produk yang dapat Anda beli secara online. Jika Anda membeli produk menggunakan satu, TNW mendapat potongan kecil dari pendapatan.

Baca Juga: