Call Us:+1-888-888-888
Background Image

CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan

Home  /  Pendidikan  /  CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan

9.Dec, 2019 Comments Off on CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan Pendidikan

CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan

CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan

CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan

CBIS dalam pengambilan keputusan dan pendidikan

Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan merupakan suatu sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
CBIS dalam pengambilan keputusan menjadi hal yang sangat menarik.Dalam organisasi kini komputer lebih mendominasi pekerjaan yang dilakukan manusia itu sendiri dan menjadi hal yang penting bagi suatu sistem dalam organisasi.tetapi komputer tidak sepenuhnya menjalankan apa yang ada dalam suatu sistem organisasi.Masih ada keputusan yang harus diambil oleh manusia karena semua pekerjaan tersebut kembali lagi kegunaannya untuk manusia.tetapi hal yang menarik adalah manusia tetap menggunakan komputer sebagai  hal yang ikut berperan pada pengambilan keputusan oleh karena itu CBIS di perlukan pada pengambilan keputusan karena akan lebih memudahkan dan sudah terstruktur karena harus melalui beberapa proses pengolahan data.
Dalam dunia globalisasi saat ini komputer sudah menjadi sesuatu yang biasa pada kehidupan kita.komputer sudah terdapat dimana-mana rumah,kantor,tempat belanja dan lain-lain.Dalam dunia pendidikan begitu pun komputer sudah memasuki tahap yang benar-benar bisa dipakai dalam semua pelajaran pada dunia pendidikan.Dengan hal tersebut CBIS sepertinya membutuhkan penyesuaian dikarenakan tidak semua orang di negara kita mempunyai komputer dan jaringan yang belum merata dikarenakan faktor geografis negara kita.oleh karena itu CBIS akan membutuhkan sedikit penyesuaian yang merata untuk penerapan dalam dunia pendidikan kita.

Comments are closed.