Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk

Menemukan pengganti induk

Upaya penyelamatan dengan merawat anak kucing usia muda adalah menemukan pengganti induk lain.
Cara menemukan induk pengganti untuk anak kucing tersebut, yakni dengan kunjungan peternak yang ada di wilayah terdekat Anda atau mendatangi tempat penampungan hewan terlantar.
Ada banyak tempat penampungan hewan terlantar yang bersedia membantu menyelamatkan anak kucing tersebut. Luangkan waktu untuk menanyakan bagaimana memelihara kucing yang baru lahir tersebut.
Ide menemukan induk pengganti sebagai pengasuh anak kucing yang baru lahir tersebut, tidak semudah yang Anda bayangkan.
Jika Anda mendapatkan calon induk kucing yang cocok untuk berbagi ASI, saat mendekatkan anak kucing beresiko ditolak dan kemungkinan yang terburuk akan di gigit.
Solusi yang bisa Anda coba adalah dengan menghilangkan aroma bawaan milik anak kucing tersebut. Caranya dengan mengenalkan aroma anak kucing tersebut dari aroma anak kandungnya.
Usap bulu anak kandung secara hati-hati, kemudian pindahkan aroma khas mereka ke anak kucing yang ingin diasuh.
Peluang menggunakan metode ini 50:50 berhasil. Jika aroma awal anak kucing lebih dominan terendus, kemungkinan besar tetap ditolak karena merasa tidak kenal. Peluang lain akan berhasil jika bau-bauan milik anak kucing bisa disamarkan mendekati seperti anak kandungnya.
Mintalah saran peternak profesional yang pernah melakukannya, sehingga terhindar dari resiko anak kucing muda tersebut mendapatkan luka.

Mengatur suhu tubuh kucing tetap hangat

Solusi lain jika Anda ragu mencarikan anak induk baru, pilihan lain adalah merawatnya langsung.

Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk kucing baru lahir?
Anak kucing yang baru lahir dan tidak punya induk rentan sakit karena tubuhnya belum bisa berfungsi secara maksimal.
Untuk menjaga kondisi suhu yang tidak bersahabat dengan anak kucing, mereka perlu mendapat kehangatan dari luar, seperti membalut dengan kain atau mengatur suhu ruangan menggunakan lampu yang tepat.
Pada kondisi normal jika anak kucing ada bersama induknya dan saudara lainnya, kehangatan yang didapatkan berasal dari kebersamaan mereka. Proses saling memberi suhu panas dari tubuh tersebut berlangsung sekitar di minggu ke 4.
Sementara suhu ideal jika Anda ingin membuatnya sendiri dengan alat pendukung, usahakan suhu ruangan ada pada kisaran 27 derajat.
Lakukan pengukuran suhu tubuh mereka secara berkala untuk memastikan suhu ruangan sudah tepat. Rata-rata suhu badan mereka di minggu pertama sekitar 31-33 derajat.
Jika Anda tidak bisa membuat suhu ruangan menggunakan peralatan pendukung, cara lainnya dengan kardus atau kotak yang mudah ditemukan sekitar rumah.
Pastikan kardus atau kotak tersebut bersih sebelum digunakan, letakkan kain sebagai alas dasar sehingga lebih hangat. Tambahan lainnya adalah memakai botol berisi air hangat untuk mengganti sumber panas yang mirip dengan induk kucing.
Penggunaan botol berisi air hangat perlu diperhatikan suhu tidak terlalu panas.
Supaya botol tidak disentuh langsung oleh kucing baru lahir, selipkan dengan memakai kain lain.
Cara merawat anak kucing usia kecil tanpa induk sangat penting menjaga suhu ruangan sesuai kebutuhan mereka. Oleh karena itu metode penggunaan botol hangat, segera ganti jika suhu airnya sudah dingin.
Penurunan suhu yang bersumber dari botol berisi air hangat menjadi dingin, beresiko fatal jika tak diganti. Anak kucing tersebut kemungkinan besar akan mengalami suhu tubuh menjadi dingin karena tidak terdapat sumber suhu di dekat mereka.

Nutrisi susu

Pemberian nutrisi untuk kucing baru lahir tidak boleh menggunakan sembarangan susu, apalagi susu untuk manusia dewasa.

Anak kucing usia muda perlu susu khusus yang di formulasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Cara mendapatkan susu anak kucing juga tidak sulit, kunjungi langsung pet shop terdekat di wilayah Anda sambil menanyakan cara penggunaan dan perbuatannya.
Solusi lain untuk membeli susu anak kucing adalah buka smartphone Anda dan temukan penjual online yang menyediakan kebutuhan makanan untuk hewan peliharaan, khususnya kucing.
Alasan susu manusia tidak boleh diberikan pada anak kucing adalah komposisi dasar formulasi berbeda.
Susu untuk manusia memiliki komposisi laktosa tinggi sehingga beresiko untuk kesehatan anak kucing. Beberapa gejala yang timbul memberi susu manusia kepada mereka, kucing mengalami gangguan pencernaan dengan ciri diare hingga muntah.

Sumber: https://worldfreeweb.com/