BENTUK NEGARA OTORITER

BENTUK NEGARA OTORITER

BENTUK NEGARA OTORITER

Otoritarianisme adalah

istilah yang digunakan para ilmuwan politik untuk pandangan dunia yang menghargai ketertiban dan otoritas, dan tidak mempercayai orang luar dan perubahan sosial. Sebagai bentuk pemerintahan, ia dicirikan oleh kekuatan pusat yang kuat dan kebebasan politik yang terbatas.

Kebebasan ekonomi atau pribadi individu berada di bawah negara dan tidak ada pertanggungjawaban konstitusional di bawah rezim otoriter.
Rezim otoriter juga kadang-kadang dikategorikan berdasarkan apakah mereka pribadi atau populis. Rezim otoriter personalistik dicirikan oleh aturan dan otoritas sewenang-wenang yang dilaksanakan “terutama melalui jaringan patronase dan pemaksaan daripada melalui institusi dan aturan formal”.

Rezim otoriter pribadi telah terlihat di Afrika pasca-kolonial. Sebaliknya, rezim otoriter yang populis “adalah rezim mobilisasi nasional di mana pemimpin yang kuat, karismatik, manipulatif memerintah melalui koalisi yang melibatkan kelompok-kelompok kelas bawah. Contohnya termasuk Argentina di bawah Perón, Mesir di bawah Nasser dan Venezuela di bawah Chávez dan Maduro.


Baca Juga :