Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Bagaimana cara menambah energi saat puasa?

Home  /  Kesehatan  /  Bagaimana cara menambah energi saat puasa?

22.Mar, 2019 Comments Off on Bagaimana cara menambah energi saat puasa? Kesehatan

Bagaimana cara menambah energi saat puasa?

Selama puasa, tubuh biasanya kehabisan energi karena kekurangan asupan makanan dan minuman. Tubuh yang tidak berenergi akan tampak lesu dan tidak bersemangat. Efeknya adalah kinerja menurun dan tidak produktif. Sebelum dimarahi oleh bos Anda di kantor karena duduk-duduk. Ada lima tips yang bisa Anda coba dengan mudah untuk membantu meningkatkan energi selama puasa.

Bagaimana cara menambah energi saat puasa?

Apakah Anda merasa kekurangan tenaga saat berpuasa di tengah hari dan harus berjuang untuk menyelesaikan pekerjaan? Atau bisakah Anda membutuhkan sedikit energi ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu besok? Ada banyak cara mudah dan aman untuk meningkatkan energi selama puasa. Seperti? Berikut ini lima saran.
1. Pastikan Anda mengambil cairan

Alasan utama mengapa Anda kehilangan energi saat berpuasa adalah karena Anda kekurangan cairan. Bahkan dehidrasi ringan dapat menghabiskan energi dan menghancurkan kemampuan berpikir dan logika Anda. Mempertahankan asupan cairan saat puasa sangat penting.

Karena Anda tidak dapat minum kapan saja, terlepas dari kehausan Anda, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda ketika Anda istirahat dengan cepat atau saat fajar. Anda dapat menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas untuk berbuka puasa, empat gelas di malam hari dan dua gelas saat fajar. Mempertahankan asupan cairan seperti menjaga energi seseorang selama puasa.
2. Konsumsi makanan yang menghasilkan energi

Menurut Christine Gerbstadt, juru bicara American Dietetic Association dan peneliti di Drexel University di Philadelphia, untuk menambah energi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks.

Menggabungkan karbohidrat kompleks seperti sayuran hijau atau roti berbasis gandum dan protein seperti ayam, telur, tahu, keju, dapat memberikan energi tambahan. Mengapa karbohidrat dan protein penting? Karbohidrat adalah bahan utama energi tubuh dan protein dapat menjaga kadar gula darah normal sehingga Anda tidak akan kehilangan energi dengan cepat.
3. Perhatikan pola makan saat puasa dan sahur rusak

Tingkatkan diet Anda ketika Anda berbuka puasa dan subuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan magnesium. Mempertahankan kadar gula darah normal dan mengonsumsi vitamin serta nutrisi penting diperlukan untuk menjaga tubuh tetap berenergi.

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam makanan seperti salmon, kol dan kol dapat memberikan energi untuk aktivitas seluler, mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Sementara makanan yang kaya akan magnesium seperti sayuran berdaun hijau, kacang mede dan biji-bijian memainkan peran penting dalam produksi energi. Tanpa magnesium, sel-sel tubuh tidak dapat mengubah bahan bakar menjadi energi yang bermanfaat.

Pastikan Anda mengonsumsi kalori yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Cobalah mengonsumsi asupan vitamin dan gizi dengan mengonsumsi makanan alih-alih mengonsumsi suplemen.
4. Buat siklus tidur yang teratur selama bulan Ramadhan

Ketika Anda berpuasa, Anda akan cenderung untuk tidak tidur karena Anda harus bangun pada waktu fajar. Kurang tidur sering menyebabkan perasaan energi. Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda cukup tidur adalah dengan beradaptasi dengan pola tidur alami atau ritme sirkadian tubuh Anda. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan, adalah penting untuk tidur semalaman.

Tidur dan bangun pada waktu yang sama sebenarnya lebih penting daripada tidur dengan jumlah yang sama di waktu yang berbeda. Jika Anda cukup tidur, Anda bisa bangun tanpa alarm. Jika Anda masih percaya alarm untuk membangunkan Anda, Anda harus tidur lebih awal. Jadi, selama Ramadhan, Anda harus melakukan program tidur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk harus bangun di waktu fajar.
5. Istirahatlah

Bahkan jika Anda mungkin ingin menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin, beristirahat selama 5-10 menit sebenarnya dapat dengan cepat meningkatkan energi dan produktivitas secara keseluruhan. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda duduk, cobalah untuk beristirahat selama 30 detik 4 kali setiap jam dan selama 14 menit setiap 2 jam. Ini dapat meningkatkan energi selama puasa sehingga Anda masih dapat berkonsentrasi pada pekerjaan Anda tanpa halangan, bahkan jika Anda sedang berpuasa.

baca juga :

 


Comments are closed.