Call Us:+1-888-888-888
Background Image

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Ekonomi Merkantilisme?

Home  /  Pendidikan  /  Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Ekonomi Merkantilisme?

10.Jan, 2019 Comments Off on Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Ekonomi Merkantilisme? Pendidikan

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Ekonomi Merkantilisme?

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Ekonomi Merkantilisme?

Pernah gak sih Squad kamu bertanya, kenapa kerajaan seperti Inggris, Perancis, dan Spanyol dulu pergi menjelajah dan mendirikan koloni baru? Jika kamu menjawab bersama dengan jawaban “petualangan dan tantangan”, maka kamu benar. Tapi petualangan yang mereka melaksanakan itu bukan sekedar petualangan untuk mendapat foto-foto indah, melainkan tersedia misi lain di balik petualangan mereka. Misi apa kah itu? Yuk lihat penjelasannya!

Kerajaan-kerajaan di Eropa punya sistem ekonomi yang mengharuskan mereka untuk menjelajah. Nah sistem ekonomi ini namanya merkantilisme. Apa itu merkantilisme?

Merkantilisme adalah nama dari sebuah sistem ekonomi, sistem ini digunakan terhadap abad ke 16 hingga abad ke 18. Sistem ekonomi ini mengupayakan meningkatkan kapabilitas negara sendiri bersama dengan melemahkan kapabilitas ekonomi negara lainnya. Sistem ini benar-benar terkenal waktu itu dikarenakan biasanya kerajaan melarang koloninya berdagang bersama dengan koloni dari kerajaan lain.

Sistem ini berjalan bersama dengan skema dimana kerajaan disebut bersama dengan “Mother Country”. Mother country ini dapat mengontrol seluruh perdagangan di koloninya. Koloni dilarang untuk berdagang bersama dengan koloni lain atau kerajaan lain, tak hanya itu kerajaan dapat mengupayakan menekan import dan menopang eksport.

Gampangnya gini, teman kamu sudi jual motor, tetap kamu tawarin buat jualin motor dia, nah sehabis ketemu pembelinya harganya kamu naikin 2 juta, kamu bawa dan anterin motornya ke si pembeli, abis itu yang 2 juta kamu simpan, baru sisanya kamu kasih ke teman kamu, tetapi teman kamu nggak tau jika harganya kamu naikin 2 juta. Hal ini termasuk berlaku sebaliknya jika teman kamu tengah mencari barang.

Seperti dijelaskan di atas, sistem ekonomi ini digunakan untuk memperkuat sebuah negara atau didalam persoalan nyatanya sebuah kerajaan. Jika sebuah kerajaan membawa kekayaan berlimpah, kerajaan berikut bisa melaksanakan apa saja, andaikan berperang dan mempertahankan daerah, riset untuk iptek, memajukan kebudayaannya, atau mengakibatkan koloni baru di daerah lain.

Kerajaan-kerajaan Eropa yang terkenal bersama dengan kebijakan ekonomi ini, terhadap abad ke 16 – 18 disebut bersama dengan “The Big Three”, yang terdiri dari Spanyol, Inggris, dan Perancis. Bahkan sistem ekonomi ini hingga diajarkan kepada anak-anak sekolah di negara-negara tersebut.

Sistem ekonomi ini pula yang mengakibatkan banyaknya berjalan revolusi melawan kerajaan. Hal berikut dikarenakan ada monopoli dagang dan penarikan pajak yang memberatkan hingga menyengsarakan rakyat, melihat saja revolusi Amerika atau revolusi Perancis. Selain itu, dikarenakan sistem ini menitikberatkan kepada wilayah lain yang membawa sumber energi berlebih dan berharga, selanjutnya kerajaan-kerajaan berikut berlomba meraih wilayah baru dan mengakibatkan perang antar kerajaan. https://www.gurukelas.co.id/

Jika dicermati dari sifatnya yang mementingkan modal/kapital sebagai ukuran dari keberhasilan dan aspek penggerak ekonomi. Maka sistem ekonomi ini adalah kekek-nya sistem ekonomi kapitalis.


Comments are closed.